Agustus 2011 Pembangunan Dermaga Dumai Tuntas

id agustus 2011, pembangunan dermaga, dumai tuntas

Dumai, 22/7 (ANTARA) - Pembangunan dermaga atau pelabuhan penumpang Kota Dumai, Riau, senilai Rp80 miliar yang dimulai sejak pertengahan tahun 2008 lalu saat ini tengah memasuki tahap ahkir pengerjaan dan diperkirakan Agustus 2011 sudah tuntas.

Kepala kantor Adminitrator Pelabuhan Klas I Dumai, Edward Arsanova di Dumai, Jumat, mengatakan, sejauh ini realisasi pembangunan dermaga yang sepenuhnya dianggarkan melalui APBN masih tetap berjalan lancar meski sebelumnya sempat ada kedala.

"Walau pun siap pada Agustus ini, dermaga belum dapat dioperasikan karena harus dilakukan pengerjaan lanjutan pada sisi darat atau terminal pelabuhan," katanya.

Dikesemptan terpisah, Pengurus Administrasi Pembangunan Dermaga Penumpang Administrator Pelabuhan (Adpel) H Basri Efendi menyatakan pembangunan sisi darat atau terminal pelabuhan merupakan tanggungjawab pemerintah daerah sepenuhnya.

"Hal ini sesuai dengan kesepakatan dan kesepahaman dimana setelah pembanguan dermaga selesai, maka untuk sisi darat akan dibebankan ke Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Dumai.

Lanjutan pembangunan sisi darat kata Efendi, telah berulangkali disampaikan dan dimohon ke pihak pemerintah kota dengan tujuan agar dermaga dapat segera dioperasikan.

"Namun semuanya kembali lagi ke pemerintah daerah. Kita hanya mengkhawatirkan apabila dermaga belum dioperasikan dalam jangka waktu yang lama, maka akan terjadi kerusakan pada fisik dermaga karena tak terawat," tuturnya.