Wakatobi Diimbau Usulkan Pembangunan Dermaga Kapal Pesiar

id wakatobi diimbau, usulkan pembangunan, dermaga kapal pesiar

Wakatobi Diimbau Usulkan Pembangunan Dermaga Kapal Pesiar

Kendari, (Antarariau.com) - Pemerintah Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara diimbau mengusulkan pembangunan dermaga khusus kapal pesiar (cruise) kepada Kementerian Perhubungan RI karena ketersediaan infrastruktur tersebut sangat dibutuhkan para wisatawan bahari dari berbagai negara.

Imbauan tersebut disampaikan anggota Komisi X DPR RI yang membidangi Pariwisata, SB Wiryanti Sukamdani di Kendari, Selasa.

"Banyak wisatawan bahari dari mancanegara terutama dari negara-negara Eropa yang berminat mengunjungi Wakatobi dengan menumpang kapal pesiar," katanya.

Oleh karena itu kata dia, keberadaan dermaga "cruise" di Wakatobi menjadi sangat strategis untuk mendukung wilayah kabupaten tersebut sebagai kawasan strategis pariwisata nasional (KSPN) bersama sembilan daerah lainnya di Indonesia.

Menurut dia, para wisatawan bahari dari mancanegara banyak yang berminat ke Wakatobi karena wilayah tersebut memiliki keindahan alam bawah laut yang luar biasa.

Selain dihuni sebanyak 750 jenis terumbu karang kata dia, alam bawah laut kabupaten tersebut juga menjadi habitat bagi 942 jenis ikan dan biota laut lainnya.

"Keragaman hayati di kawasan Wakatobi menjadi sangat dikenal oleh masyarakat dunia, berkat bupatinya yang getol mempromosikan pariwisata kabupaten itu ke berbagai negara di dunia," katanya.

Menurut dia, dengan kebijakan pemerintah yang menetapkan Wakatobi sebagai KSPN bersama sembilan daerah lainnya di Indonesia, maka mempromosikan wisata Wakatobi ke berbagai negara di dunia, sudah menjadi kewajiban pemerintah pusat.

Pemerintah Kabupaten Wakatobi kata dia, tinggal menjaga dan memelihara kelestarian lingkungan di kawasan tersebut, sehingga kelestarian dan keseimbangan lingkungan tetap terjaga sempanjang masa.

"Jika kelestarian lingkungan di Wakatobi tetap terjaga, maka para wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Wakatobi akan terus meningkat dari tahun ke tahun," katanya.