Menarik, Wagub Kaltim usulkan pembangunan museum wartawan

id Wagub Kaltim,usulkan,pembangunan,museum wartawan

Menarik, Wagub Kaltim usulkan pembangunan museum wartawan

Wakil Gubernur Kaltim Hadi Mulyadi (ANTARA/Arumanto)

"Kaltim ini memiliki sejarah perjuangan hingga masa kemerdekaan dan pembangunan saat ini yang didokumentasi para wartawan,
Samarinda (ANTARA) - Wakil GubernurKalimantan Timur Hadi Mulyadi mengusulkan pembangunan museum wartawan sebagai apresiasi kepada para jurnalis dalam mendukung pembangunan daerah.

"Saya usul bagaimana Kaltim ini bisa memiliki museum wartawan," kata WagubHadi Mulyadi dalam keterangan resmi diterima di Samarinda, Kamis.

Menurut Wagub, Kaltim ini memiliki sejarah perjuangan hingga masa kemerdekaan dan pembangunan saat ini yang didokumentasi para wartawan.

Karenanya, tidak salah kalau Kaltim selayaknya memiliki museum yang akan mengoleksi tentang kewartawanan, baik dalam perjuangan maupun pemberitaan.

"Saya yakin Bapak-Bapak yang hadir ini, para tokoh dan teman-teman wartawan senior sepakat kalau Kaltim memiliki museum wartawan," ungkap Hadi.

Misalnya, museum akan mengoleksi berita-berita tentang perjuangan hingga pembangunan Kaltim pada masa kini.

Termasuk peralatan peliputan seperti alat perekam, kamera hingga peralatan mencetak koran juga koran-koran pada waktu itu hingga saat ini.

"Pasti ada koran-koran lokal Kaltim yang terbit saat jaman perjuangan hingga pembangunan sampai saat ini, termasuk media nasional yang memberitakan daerah kita," ujar mantan legislator Karang Paci dan Senayan ini.

Kembali Wagub berharap para wartawan Kaltim, khususnya para tokoh pers dan wartawan senior untuk membicarakan usulan dirinya untuk merealisasikan pembangunan museum wartawan.

"Semoga segera terwujud, sehingga bukti sejarah bagi anak cucu kita, bagaimana perkembangan media massa (koran) dan peran wartawan memberitakannya sejak jaman perjuangan hingga kini," harap Wagub Hadi.