Pelabuhan Sungai Duku Pekanbaru siapkan ruang isolasi COVID-19

id Pelabuhan,pelabuhan sei duku, pelabuhan sungai duku,pelabuhan pekanbaru

Pelabuhan Sungai Duku Pekanbaru siapkan ruang isolasi COVID-19

Salah satu aktifitas penumpang di Pelabuhan Sungai Duku Pekanbaru, UPT dan KKP siapkan satu ruang isolasi penumpang yang diduga COVID-19, Pekanbaru, Jumat (20/3). (ANTARA/Vera Lusiana)

Pekanbaru (ANTARA) - Unit Pengelola Teknis (UPT) Pelabuhan Sungai Duku Pekanbaru, menyiapkan satu ruang isolasi lengkap dengan peralatannya untuk digunakan dalam kondisi darurat jika mendapati penumpang yang memiliki gejala COVID-19.

"Kita sudah siapkan ruang isolasi darurat di areal pelabuhan sejak awal pekan ini sebagai upaya antisipasi dan pencegahan COVID-19," kata Kepala UPT Pelabuhan Sungai Duku Pekanbaru Atria Indrussalam, di Pekanbaru, Jumat.

Atria Indrussalam mengatakan, UPT Pelabuhan Sungai Duku telah bekerjasama dengan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Pekanbaru.

Katanya, petugas di pintu kedatangan dan keberangkatan selalu melakukan pemeriksaan suhu tubuh para penumpang

"Yang datang dan hendak berangkat harus diperiksa kondisi tubuhnya, sejauh ini belum ada penumpang yang mempunyai gejala COVID-19," katanya.

Untuk memutus mata rantai penularan COVID-19, tim selalu waspada, dan akan terus berupaya meningkatkan pengawasan terhadap antisipasi COVID-19 setelah ada instruksi dari Wali Kota Pekanbaru, Firdaus.

Tim juga menyiagakan petugas di dermaga pelabuhan, selain pengawasan sekaligus melakukan sosialisasi imbauan dari Walikota Pekanbaru terkait upaya pencegahan COVID-19.

"Kami mengimbau agar masyarakat bisa ikut mengantisipasinya dengan menjaga kebersihan," katanya.

Petugas juga langsung melakukan sosialisasi kepada para penumpang. Mereka mendatangi fasilitas pelabuhan yang jadi titik pengunjung dan penumpang pelabuhan.

"Kami menyampaikan langsung kepada penumpang saat hendak kontrol di sekitar pelabuhan," terangnya.

Atria juga menjelaskan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan unsur terkait. Mereka kordinasi dengan KSOP, KKP dan Balai Karantina juga menyiapkan perlengkapan cuci tangan.

"Kita juga lakukan pembersihan di ruang publik pelabuhan. Ada juga penyemprotan cairan disinfektan," pungkasnya.

Baca juga: Pelabuhan Sei Duku Pekanbaru perketat pemeriksaan suhu tubuh penumpang cegah COVID-19

Baca juga: PGN menjawab harapan warga kota Pelabuhan

Baca juga: VIDEO - Mayat perempuan mengapung di dekat dermaga Pelindo 1 Pekanbaru, korban pembunuhan?