Puluhan hektare karhutla di Siak, terluas di lahan PT BMI

id PT BMI, karhutla siak,karhutla riau, karhutlam karhutla 2020

Puluhan hektare karhutla di Siak, terluas di lahan PT BMI

Kapolres Siak, AKBP Doddy F Sanjaya.(ANTARA/HO-Polres Siak)

SIAK, (ANTARA) - Puluhan hektare lahan terbakar di Kabupaten Siak, Riau, pada pekan pertama Maret ini dengan yang terluas dalam satu lokasi ada di wilayah Perusahaan Perkebunan Sawit PT Berlian Mitra Inti di Kecamatan Kandis.

"Di Kandis ada 20 hektare, sebagian kecil lahan masyarakat dan 90 persen itu lahan PT BMI, perusahaan sawit. Apinya sudah padam," kata Kepala Kepolisian Resor Siak, AKBP Doddy F Sanjaya di Siak, Jumat.

Selain itu, kebakaran juga terjadi di Kecamatan Sungai pada sejumlah titik lahan masyarakat. Di antaranya di Mengkapanseluas 10 ha, Tanjung Kuras dan Lalang serta beberapa titik lainnya yang luasnya berkisar 1-2 hektare.

Kapolres menyampaikan dirinya turun langsung pada pemadaman di Kecamatan Sungai Apit. Bersama tim gabungan Manggala Agni, TNI, Badan Penanggulangan Bencana Daerah Siak, serta Masyarakat Peduli Api setempat yang memadamkan api selama tiga hari berturut-turut.

Ada juga di Kecamatan Mempura yakni di Desa Merempan Hilir dan Kampung Dayun Kecamatan Dayun sekitar satu ha. Semuanya diketahui adalah lahan masyarakat dan untuk di Tanjung Kuras Kapolres mengisyaratkan sudah ada satu tersangka.

Sementara itu untuk lahan Perusahaan PT BMI, pihaknya melakukan langkah awal yakni pemadaman dulu. Setelah itu akan kerjasama dengan Kepolisian Daerah Riau untuk penanganan kebakaran lahan milik perusahaan.

"Kita memberikan data awal, seperti kesiapan regu pemadam kebakaran dan sarana yang dilengkapi perusahaan. Mereka ikut membantu pemadaman juga," ungkap Doddy.

Baca juga: Tujuh hektare lahan terbakar di Siak, pemadaman masih dilakukan

Baca juga: Meski jauh dari konsesi, PT KTU ikut padamkan karhutla di Sungai Apit