Komisi II DPR pantau lima hal dalam Pilkada serentak Riau, ini sebabnya

id Kpu,pilkada riau,komisi II DPR,berita riau antara,berita riau terbaru

Komisi II DPR pantau lima hal dalam Pilkada serentak Riau, ini sebabnya

Kunjungan Anggota Komisi II DPR RI,  diterima  oleh  anggota KPU Provisi Riau. Bertempat di aula lantai II,  dengan agenda pertemuan  untuk memaparkan penyelenggaraan Pilkada Tahun 2020, Pekanbaru, (4/3). (ANTARA/Vera Lusiana)

 Pekanbaru (ANTARA) - Anggota Komisi II DPR RI, Syamsurizal, menyatakan akan memantau lima hal dalam proses pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2020 di wilayah setempat, lewat kunjungan langsungnya ke kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Riau, Rabu.

"Ada beberapa indikator guna mewujudkan suksesnya Pilkada serentak berkualitas," kata Anggota Komisi II DPR RI periode 2019-2024 Fraksi PartaiPersatuan Pembangunan Syamsurizal, di Pekanbaru, Rabu.

Kunjungan Anggota Komisi II DPR RIRabu (4/3) pukul 09.15 wib, diterima oleh anggota KPU Provisi Riau. Bertempat di aula lantai II, dengan agenda pertemuan untuk memaparkan penyelenggaraan Pilkada Tahun 2020.

Dikatakan Syamsurizal susesnya sebuah penyelenggaraan Pilkada adalah pertama harus ada independensi KPUD, Bawaslu, PPK, PPS dan KPPS.

Selanjutnya diikuti dengan netralitas ASN Daerah (tidak melanggar kode etik dan kode perilaku). Kemudian ukuran lainnya tingkat partisipasi masyarakat pemilih.

"Tidak boleh ada yang golput dan menggunakan hak pilihnya dengan bebas, nyaman dan aman," kata Syamsurizal.

Setelah itu terwujud, maka yang harus dijaga jangan ada konflik kepentingan, sara, politik uang dan gugatan Pilkada.

"Terakhir calon kepala daerah yang ikut harus bersih dari kasus pidana korupsi dan lain-lain, sesuai undang-undang dan peraturan turunannya," Anggota Badan Legislasi (BALEG) DPR RI itu lagi.

Sementara itu Ketua KPU Riau Ilham Muhammad Yasir menjelaskan, pemaparan ini sangatlah penting dalam rangka meningkatkan kualitas penyelenggaraan Pilkada Serentak 2020 dengan baik.

Hadir dalam acara pertemuan pagi ini jajaran Komisioner KPU Provinsi Riau, Komisioner Kab/Kota serta Sekretaris KPU Riau, Kabag dan Kasubbag serta seluruh Staf Sekretariat KPU Provinsi Riau.

Baca juga: KPU Riau lantik 580 anggota PPK di sembilan kabupaten/kota penyelenggara Pilkada

Baca juga: Hanya dua calon perseorangan yang lolos di Pilkada Riau