Helikopter water bombing padamkan karhutla di Siak

id karhutla riau, sinar mas, karhutla siak

Helikopter water bombing padamkan karhutla di Siak

Tim RPK PT AA-Sinar Mas Forestry melakukan pemadaman karhutla di Desa Mengkapan, Kecamatan Sungai Apit, Siak. (ANTARA/HO-Sinar Mas)

Siak (ANTARA) - Helikopter "Water Bombing" milik Asia Pulp and Paper (APP)Sinar Mas Forestry berupaya padamkan dan kendalikan kebakaran hutan dan lahan yang berada satu kilometer dari batas luar konsesi perusahaan di Desa Mengkapan, Kecamatan Sungai Apit Kabupaten Siak.

Selain itu, juga dilakukan pemadaman di darat oleh TimRegu Pemadam Kebakaran PT Arara Abadi-APP Sinar Mas Forestry. Bersama-sama juga bersama anggota TNI dan Polri serta Masyarakat Peduli Api Binaan Perusahaan PT AA-APP SMF.

"Saat ini api sudah padam dan terkendali, namun tim kita terus melakukan pendinginan dengan membasahi kawasan tersebut," kataHumas PT AA Distrik Siak, Suparlan didampingi Fire Marshal Romi, Kamis.

Dia mengatakan awalnya api sudah termonitor di sistem deteksi CCTV perusahaan sejak 27 Januari lalu. Pihaknya melapor ke aparat setempat sambil tim RPK juga bantu padamkan dan keesokannya api telah padam.

Namun karena cuaca panas dan kawasan tersebut yang merupakan gambut kering, pada 4 Februari 2020 api muncul lagi. Tim RPK bersama ManggalaAgni, TNI, Polri juga MPA membantu padamkan kebakaran lagi.

"Kita tidak ingin ambil risiko apalagi berjarak 1 km dari konsesi kita. Maka kita juga kerahkan alat berat untuk membuat embung-embung karena jauhnya sumber air di lokasi karhutla juga membuat sekat bakar," sebutnya.

Tak hanya itu PT AA Distrik Siak juga meminta bantuan Fire Operasion Management (FOM) APP Sinar Mas di Perawang untuk Helikopter Water Bombing. Tim Reaksi Cepat itu juga membantu membawa peralatan pompa jenis Tohatsu, mini striker pump, termasuk alat berat ekskavator untuk buat embung dan membuat sekat bakar.

"Karena sesuai perintah pimpinan sekaligus mendukung Program Riau Bebas Asap perusahaan tidak ingin mengambil resiko sekecil apapun agar api tidak meloncat ke kawasan konsesi perusahaan," demikian Suparlan menyampaikan.

Sementara itu Kepala Manggala Agni Daerah Operasi Distrik Siak, Ihsan mengapresiasi langkah cepat perusahaan membantu memadamkan karhutla di Desa Mengkapan. Pasalnya kebakaran di Kecamatan Sungai Apit terjadi di di banyak lokasi di antaranya Desa Tanjung Kuras, Mengkapan dan Desa Bunsur.

"Sinergi Manggala Agni dan instansi lain bersama RPK Sinar Mas ini sudah terjalin baik dengan tim. Kita selalu berkoordinasi dengan membagi tugas untuk melakukan pemadaman di lokasi masyarakat yang di luar konsesi mereka," ungkap Ihsan.

Baca juga: Kebakaran lahan dekati konsesi Sinar Mas

Baca juga: Perusahaan industri kehutanan ini dampingi 7.000 KK di Riau cegah Karhutla