Bupati Bengkalis : Target kesembuhan pasien TBC 64,7 persen

id pemkab bengkalis,bupati bengkalis,TBC,berita riau antara,berita riau terbaru

Bupati Bengkalis : Target kesembuhan pasien TBC 64,7 persen

Bupati Bengkalis Amril Mukminin didampingi Kadis Kesehatan Ersan Saputra dan Kepala Bapedda Hadi Prasetyo ketika menghadiri acara Bersama Menuju Eliminasi TBC 2030, di Cimahi Techno Park Jawa Barat, (ANTARA/HO-Humas Pemkab Bengkalis)

Bengkalis (ANTARA) - Bupati Bengkalis Amril Mukminin mengungkapkan target kesembuhan terhadap pasien penderita Tubercle Bacillus (TBC) sebesar 64,7 persen atau 405 orang dan

capaian pasien yang sembuh sebanyak 262 orang pasien pada 2018.

"Saat ini, Indonesia menempati posisi ketiga terbanyak penderita TBC setelah India dan Tiongkok, untuk itu kita patut mencegah penyakit ini, dengan menerapkan sistem TOSS TBC, (Temukan TBC, obati sampai sembuh)," ujar Bupti Bengkalis Amril Mukminin saat menghadiri Gerakan Bersama Menuju Eliminasi TBC 2030, di Cimahi Techno Park Jawa Barat, Rabu (29/1/2020).

Amril juga mengajak seluruh masyarakat di Kabupaten Bengkalis untuk terus rutin melakukan pengecekan kesehatan.

"Apalagi TBC ini merupakan penyakit menular, untuk itu pengecekan kesehatan menjadi hal terpenting, apabila dia terdampak TBC bisa segera diatasi dengan cepat," ungkapnya.

Mantan anggota DPRD Bengkalis ini juga berharap masalah TBC bukan hanya urusan para dokter dan organisasi di bidang kesehatan saja, tetapi merupakan urusan bersama.

"Upaya mengatasi penyakit TBC ini kami harapkan juga menjadi perhatian kita bersama," pinta Amril.

Gerakan Bersama Menuju Eliminasi TBC 2030 dibuka secara langsung oleh

Presiden Joko Widodo yang berharap dalam bidang kesehatan bukan keberhasilan dalam pengobatan, tetapi bagaimana caranya kita bisa berhasil mengatasinya.

"Selain itu, infrastruktur menjadi hal terpenting dalam menjamin kesehatan masyarakat. Baik dari drainase yang bersih, pembangunan yang masuk sinar matahari dan memiliki sirkulasi udara yang baik, pengelolaan sampah dan lain sebagainya," ujar mantan Walikota Solo itu.

Bupati Bengkalis dalam kegiatan tersebut didampingi Kepala Dinas Kesehatan dr. Ersan Saputra, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Hadi Prasetyo, Direktur Umum RSUD Mandau drg. Sri Sadono Mulyanto, serta Kepala Bagian Umum Sekretariat Daerah Bengkalis Alfakhrurrazy. (Infotorial)

Baca juga: KPK bantah sampaikan balon Bupati diperiksa agar tidak maju di Pilkada 2020

Baca juga: Bupati dan istri terima gelar adat dari LAMR Bengkalis