Bupati dan istri terima gelar adat dari LAMR Bengkalis

id pemkab bengkalis,amril mukminin, berita bengkalis,bengkalis

Bupati dan istri terima gelar adat dari LAMR Bengkalis

Bupati Bengkalis Amril Mukminin dan Kasmarni diarak dengan kompang dan bunga manggar bersama rombongan pemangku adat menuju prosesi penabalan gelar. (ANTARA/Alfisnardo)

Bengkalis (ANTARA) - Bupati Bengkalis Amril Mukminin menerima gelar adat Datuk Seri Setia Amanah Junjungan Negeri dan Kasmarni didaulat sebagai Datin Seri Junjungan Negeri. dari Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR) Bengkalis, Senin (20/02).

Prosesi penabalan dilaksanakan secara adat melayu di Wisma Sri Mahkota dan sebelum di berikan gelar adat diarak menggunakan kompang dan persembahan atraksi pencak silat.

“Pemberian penghargaan ini sesuai dengan ketentuan berdasarkan anggaran dasar rumah tangga peraturan daerah Provinsi Riau Nomor 1 Tahun 2012 pasal 29 ayat 1 sebutan yang diberikan oleh Lembaga Adat Melayu Riau kepada tokoh secara perseorangan anak negeri yang berjasa dalam melestarikan khasanah budaya melayu,” ujar Dewan Pengurus Harian Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR) Kabupaten Bengkalis Datuk Sri H Sofyan Said.

Dikatakannya pemberian gelar adat ini tidak setakat nilai simbolik namun lebih jauh dari itu, pemberian gelar ini, menurut azam, istizam dan konsitusi yang sadar demi mengangkat marwah dan martabat di negeri ini.

'Kita harus merasa bangga bahwa melayu menjadi kembang bunga yang jelita di taman ini, tanah bertuah ini adalah sebuah titipan, sebuah amanah sebuah kepercayaan yang harus kita jaga kelestarian budaya melayu,” ungkapnya.

Bupati Bengkalis Amril Mukminin mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas penabalan gelar adat yang diberikan dan ini merupakan suatu amanah yang harus dipikul dengan tekad dan kerja keras.

“Doakan kami semoga dengan memegang gelar ini, atas kerja sama kita semua kami dapat mengabdi untuk negeri ini dengan lebih baik lagi,” ucap Amril Mukminin.

Prosesi penabalan itu Bupati Bengkalis Amril Mukminin dipasangkan tanjak oleh MKA LAMR Kabupaten Bengkalis H Tengku Zainuddin, selempang dipasangkan langsung DPH LAMR Sofyan Said dan keris dipasang oleh DPH LAMR Provinsi Riau.

Baca juga: Terkait aksi demo, Bupati : Saya tidak anti kritik

Pewarta :
Editor: Riski Maruto
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar