PLN dan Pemko Dumai Sepakati Kerjasama Kelistrikan Dukung Investasi

id Pln dumai, investasi dumai,PLN,berita riau antara,berita riau terbaru

PLN dan Pemko Dumai Sepakati Kerjasama Kelistrikan Dukung Investasi

Pemerintah Kota Dumai dan PT PLN (Persero) UP3 Dumai sepakati kerjasama cakupan kelistrikan dan energi untuk mendukung pengembangan dunia usaha dan industri di daerah pesisir Provinsi Riau tersebut, Rabu. (ANTARA/Abdul Razak)

Dumai (ANTARA) - Pemerintah Kota Dumai dan PT PLN (Persero) UP3 Dumai sepakati kerjasama cakupan kelistrikan dan energi untuk mendukung pengembangan dunia usaha dan industri di daerah pesisir Provinsi Riau tersebut, Rabu.

Kerjasama dua pihak ditandai dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU), untuk perjanjian kerjasama mencakup kelistrikan dan energi di Kota Dumai, pemungutan dan penyetoran pajak penerangan jaan (PPJ) serta pengelolaan penerangan jalan umum (PJU).

Manager PT PLN UP3 Dumai Praniko Banu Rendra mengatakan, penandatanganan kerjasama ini mengacu pada Undang Undang Nomor 28 Tahun 2009 tentang pajak daerah dan retribusi daerah.

"Kita komitmen dalam melayani listrik di kota Dumai mengingat potensi penggunaan tenaga listrik cukup besar, terutama adanya kawasan industri," kata Praniko, Rabu.

Dijelaskan, contoh kerjasama pernah dibangun PLN, salah satu yaitu PT Wilmar Nabati Indonesia (WINA) menjadi pelanggan pertama PLN Dumai tegangan tinggi berdaya 60 MWA, dan dibangun gardu induk di Kawasan Industri Dumai sepanjang jaringan 2 kilometer rute tegangan 150 kiloVolt.

Hal ini, lanjutnya, untuk membuktikan kepada calon investor lain bahwa PLN mampu menyalurkan tenaga listrik bagi pengembangan industri dan tidak perlu ragu membangun bisnik karena sistem kelistrikan terus ditingkatkan dan handal.

"Soal kelistrikan tidak perlu kuatir karena kita siap mendukung sektor investasi masuk, karena itu kerjasama ini dibangun," sebutnya.

Sementara, Walikota Dumai Zulkifli As berikan apresiasi komitmen PLN dalam melayani kelistrikan, dan menilai dengan semakin meningkatnya pertumbuhan Industri akan berdampak pada peningkatan pendapatan asli daerah (PAD) untuk Dumai.

Pertumbuhan industri dan bisnis di Dumai makin berkembang sangat pesat, dan pemerintah berharap agar di Tahun 2020 PLN dapat memberikan pasokan listrik yang handal agar calon investor bisa mengembangkan usaha lebih baik dan unggul.

"Sektor kelistrikan yang handal sangat dibutuhkan untuk mendukung laju pertumbuhan bisnis dan industri daerah, karena itu pemerintah sangat mengapresiasi bentuk dukungan PLN menjamin pasokan listrik ini," kata walikota.

Penandatanganan MoU langsung dilakukan Manager PT PLN UP3 Dumai Praniko Banu Rendra dengan Walikota Dumai Zulkifli AS, dilanjutkan Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Zulkarnain dan Kepala Dinas Pendapatan Daerah Marjoko Santoso.

Baca juga: Wilmar jadi pelanggan PLN Riau dengan daya tertinggi 60 juta VA, begini penjelasannya

Baca juga: PLN Dumai Siapkan 36 Posko Siaga Sambut Natal Tahun Baru 2020
Pewarta :
Editor: Febrianto Budi Anggoro
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar