Banyak kabel semrawut di tiang, ini permintaan legislator Dumai

id PLN Dumai, DPRD Dumai,kabel semrawut,kavel listrik

Banyak kabel semrawut di tiang, ini permintaan legislator Dumai

Penampakan kebel semrawut di sebuah sudut Kota Dumai. (ANTARA/Abdul Razak)

Pemerintah Kota Dumai menyurati perusahaan yang memasang kabel dan menempel di tiang PLN, baik yang berizin atau tidak berizin,
Dumai (ANTARA) - Fraksi PKS DPRS Kota Dumai Muhammad Al Ichwan Hadi menilai perlu dilakukan penataan terhadap kabel semrawutdi dalam kota yang menempel pada tiang listrik atau lainnya untuk menghindari insiden tak diinginkan di tengah masyarakat.

Keberadaan kabel semrawutdan tiang tumpu ini diharap menjadi perhatian Pemerintah Kota Dumai di bawah kepemimpinan Wali Kota Paisal dan Wakil Walikota Amrisagar warga terlindungi dan nyaman.

"Kita ingin ada regulasi yang jelas terkait banyaknya kabel kabel semrawut di Kota Dumai. Semoga dengan kepemimpinan Walikota Paisal bisa melakukan penataan," kata Ichwan kepada wartawan, Senin.

Dikatakan, pemerintah daerah harusnya tegas menyikapi kondisi semrawutnya kabel listrik, fiber optik, televisi kabel, telepon dan operator lain ini guna mengantisipasi kejadian tidak diinginkan.

Seperti kejadian di Kecamatan Rupat, Kabupaten Bengkalis, tiang listrik tumbang dan menyebabkan dua perempuan jadi korban dengan terkapar di jalan. Diharap peristiwa tersebut tidak dialami warga Dumai, terutama di saat musim penghujan dan banjir.

"Semoga kejadian tiang listrik tumbang di Rupat tidak terjadi di Dumai. Ini juga menjadi perhatian bersama agar segera dilakukan antisipasi, disamping juga untuk tata keindahan kota," demikian Ichwan.

Diharapkan juga Pemerintah Kota Dumai menyurati perusahaan yang memasang kabel dan menempel di tiang PLN, baik yang berizin atau tidak berizin untuk menata dan merapikan kabelnya.

Sementara, Manajer PLN Rayon Dumai Kota Jannatul Firdaus menjelaskan, bahwa pembenahan kabel dilakukan bertahap, dan petugas siaga jika ada laporan kondisi tidak aman dan berbahaya.

PLN, lanjutnya, sudah menyurati instansi terkait di pemerintahan untuk melakukan penggantian tiang secara bertahap, dan juga terus mengimbau warga agar ikut mengawasi tiang dan jaringan kabel, terutama jika ada pohon yang dekat jaringan dapat bisa ditebang.

"Terkait kabel lain di tiang PLN bukan kewenangan kita karena disana ada kabel optik anak perusahaan PLN Icon Plus," kata Firdaus.

Baca juga: Pelanggan TV Kabel Dumai Keluhkan empat channel TV nasional hilang

Baca juga: Warga Pekanbaru takut ada getaran dan cahaya merah melintas di jaringan kabel PLN


Pewarta :
Editor: Riski Maruto
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar