Warga Pekanbaru takut ada getaran dan cahaya merah melintas di jaringan kabel PLN

id Pln,kebakaran, gardu pln

Warga Pekanbaru takut ada getaran dan cahaya merah melintas di jaringan kabel PLN

Ilustrasi (dok Antara)

Pekanbaru (ANTARA) - Ros (20) warga Jalan Among, Fazar, Labuh Baru Barat, Kota Pekaanbaru, meloncat keluar dari kamar mandi karena kaget mendengar suara getaran sengatan di atas atap dapur rumahnya, Senin pagi.

Ia keluar dan melihat ke atas, ternyata kabel PLN yang melintas sekitar dua meter di atap rumahnya bergetar dan mengeluarkan aliran cahaya seperti api dan asap selama beberapa detik, dan lampu di rumahnya pun tampak kelap-kelip lalu redup sampai sekarang.

"Ngeri saya takut sekali getarannya seperti ada pukulan ember, dan kabel PLN itu tampak merah dan menjalar," ujar Ros menggambarkan.

Ia mengaku kejadian itu sekitar pukul 06.00 WIB pagi, di mana waktu sibuk-sibuknya hendak memasak dan mencuci.

Hal yang sama juga diakui Lus (40) beberapa rumah dari tempat Ros tinggal, ia melihat lampu di kamarnya tiba-tiba kelap-kelip, seperti hendak padam, selang beberapa detik langsung redup seperti kurang arus.

"Sejak lampu redup tadi pagi hingga sekarang peralatan listrik lainnya tidak bisa nyala, ne mau perlu air untuk MCK jadi tak ada, masak nasi juga terpaksa di kompor," keluhnya.

Vera (50) warga Jalan Gabus juga mengaku ia sudah melaporkan kondisi tersebut lewatcall center PLN 123, dari petugas dijanjikan akan dihubungi kembali.

"Saya sudah melapor dijanjikan akan ada petugas PLN yang akan menghubungi menanyakan kondisi tersebut, namun sudah 20 menit belum juga ada telepon masuk, kalau ini kejadian kebakaran atau menyangkut bahaya besar bagaimana sudah keburu ludes," ujar Vera kesal.

Sementara itu Humas PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Riau dan Kepri Fendi Nusantoro saat dikonfirmasi lewat telepon seluler mengakui belum bisa memberikan komentar. Ia hanya menyarankan pelanggan melaporkan kondisi tersebut ke call center PLN 123.

"Karena 'case' pasti gangguannya belum tahu kami belum dapat memberikan komentar. Hanya saja arahan kepada pelanggan jika ada gangguan dan melihat potensi yang membahayakan di jaringan PLN (seperti tiang miring, dahan pohon menyentuh kabel di tiang Tegangan Menengah dll) dapat segera melaporkan aduan ke call center PLN di nomor 123 atau pelanggan dapat mengunduh aplikasi PLN Mobile di hp android," kata Fendi.

Fendi juga menambahkan, saat ini PLN juga sedang melakukan pemadaman bergilir untuk perbaikan jaringan.

"Untuk pemadaman terencana karena perbaikan jaringan dilakukan PLN minggu ini di beberapa lokasi di Pekanbaru, kami sebelumnya mohon maaf atas ketidaknyamanannya," pungkasnya.

Baca juga: PLN Pekanbaru lakukan pemadaman bergilir 5 hari selama Ramadhan. Kok bisa?