Harga sejumlah bahan pokok Pekanbaru stabil jelang Imlek

id Harga,sembako pekanbaru

Harga sejumlah bahan pokok Pekanbaru stabil jelang Imlek

Pedagang barang harian Ros (40) mengatakan harga relatif stabil tidak ada kenaikan jelang perayaan Imlek di Pekanbaru, Kamis (23/1). (Vera Lusiana)

Pekanbaru (ANTARA) - Pantauan antara sejumlah harga kebutuhan pokok seperti beras, gula, minyak goreng, telur dan aneka sayuran termasuk cabai di beberapa pasar tradisional Pekanbaru, seperti Cikpuan, Senapelan, Rumbai relatif stabil menjelang perayaan Imlek 2020.

"Harga cabai keriting tadi pagi berkisar Rp32.000-Rp35.000 per kilogram," kata Nurhayati Sinaga Pedagang di Pasar Senapelan, Kamis.

Nurhayati mengatakan hari ini rata-rata harga sayuran, khususnya cabai keriting, tomat, cabai rawit tidak alami kenaikan.

"Semua stabil, malah cabai keriting agak turun, kemaren sempat Rp45.000 per kilogram, hari ini hanya Rp35.000 per kilogram," katanya.

Tomat katanya juga bertahan Rp9.000 per kilogram, setelah menjelang Natal Rp15.000 per kilogram, dan turun setelah perayaan.

Hal yang sama diakui Ros (40) pedagang barang harian di Jalan Fazar, Pekanbaru. Ia membenarkan bahwa perayaan imlek tampak tidak terlalu berpengaruh kepada permintaan barang harian, dan harga.

Ia kini masih mengecer beras merek Topi Koki, dan Belida Rp13.000 per kilogram. Telur ayam bahkan relatif turun saat Natal 2019 sempat Rp1.800 per butir, kini sudah menjadi Rp1.500 per butir.

"Harga sembako biasa aja tidak ada kenaikan malah ada yang turun, seperti telur ayam ras," katanya.

Sementara itu Kepala Perum Bulog Wilayah Riau-Kepri Abdul Muis S Ali kepada Antara mengatakan tidak ada lonjakan distribusi barang-barang yang di bawah pengaturan Bulog ke pasar.

"Permintaan beras, gula dan sebagainya biasa -biasa saja, tidak ada peningkatan jelang Imlek," kata Abdul Muis S Ali .

Dikatakannya jauh berbeda saat menjelang perayaan Natal, Tahun Baru apalagi Ramadhan dan Idul Fitri.

"Harga juga stabil gula Rp12.000 per kilogram, demikian juga minyak goreng di Bulog," pungkasnya.

Pantauan Antara di beberapa pasar tradisional Pekanbaru, seperti Cikpuan, Senapelan, Rumbai harga aneka ikan relatif murah di antaranya serai Rp25.000 per kilogram, ayam potong Rp21.000 per kilogram, petai kini sedang berlimpah harganya juga murah hanya Rp25.000 per kilogram dari saat langka mencapai Rp60.000 per kilogram. Aneka buah-buahan juga sedang musim di Pekanbaru, seperti rambutan, mangga, durian, jeruk dan sebagainya.