VIDEO - Perbaikan fasilitas Stadion Utama Riau butuh anggaran fantastis

id DPRD Riau,stadion utama riau, stafion riau

VIDEO - Perbaikan fasilitas Stadion Utama Riau butuh anggaran fantastis

Sidak Komisi V DPRD Riau ke Stadion Utama Riau.(Diana/Antara)

Pekanbaru (ANTARA) - Komisi V DPRD Riau melakukan sidak untuk mengecek sejumlah fasilitas yang sedang diperbaiki di Stadion Utama yang berlokasi di Jalan Naga Sakti, Kota Pekanbaru.

Kunjungan dipimpin oleh Ketua Komisi V DPRD Riau Eddy Mohd Yatim didampingi Sulastri (Sekretaris Komisi), Kasir (Anggota Komisi), Agung Nugroho (Anggota Komisi) dan Syafrudin Iput. Hadir pula Kepala Dinas Pemuda Olahraga Provinsi Riau Doni Aprialdi.

Eddy A Mohd Yatim di Pekanbaru, Kamis, mengatakan, pihaknya telah menggelontorkan anggaran sebesar Rp2 miliar dalam APBD 2020, untuk perbaikan fasilitas gedung bekas PON itu.

"Sidak kita hari ini untuk melihat kondisi stadion. Bagian mana saja yang perlu diperbaiki dengan anggaran Rp2 miliar yang dianggarkan," kata Eddy Yatim.

Namun, estimasi anggaran yang diperlukan untuk pembenahan keseluruhan fasilitas tersebut sangat besar mencapai Rp35 miliar.

"Anggaran Rp2 miliar hanya bisa digunakan untuk perbaikan di dalam stadion. Sedangkan di bagian luar, kita mengharapkan dari dana CSR, karena peraturan daerah (Perda) nya juga ada. Karena kalau mengharapkan dari APBD tidak akan cukup," sambung politisi Demokrat itu.



Sementara itu, Kepala Dispora Riau, Doni Aprialdi mengungkapkan, bahwa Gubernur Riau, Syamsuar sudah menyurati sejumlah perusahaan agar bisa membantu perbaikan Stadion Utama.

Dia mengatakan, hal ini dilakukan sebagai upaya untuk mempercepat perbaikan gedung megah berkapasitas 44 ribu penonton itu. Sementara itu, hingga kini pihaknya tengah melakukan lobi agar stadion utama menjadi salah satu penyelenggara ajang sepakbola bergengsi U-20.

"Kita masih optimis bahwa usulan kita menjadi penyelenggara masih ada. Jadi kita akan perjuangkan ini ke pusat," ucap Doni.

Sementara itu, dalam pantauan Antara masih tampak sejumlah kerusakan fasilitas gedung, ada yang dicoret, ada yang berlumut dan ada fasilitas yang digenangi air. Tak hanya itu di area luar gedung terlihat ditumbuhi rumput liar dan ilalang. Saat tinjauan Komisi V sudah tampak pekerja yang mulai melalukan bersih-bersih stadion utama.

Baca juga: Ribuan pegawai Pemprov Riau lakukan bersih-bersih Stadion Utama eks PON XVIII

Baca juga: Jelang Piala Dunia U-20, Pemprov Riau percantik Stadion Utama

Baca juga: Dibangun Rp1,3 triliun, DPRD Riau kritik ketidakmampuan daerah kelola stadion utama


Pewarta :
Editor: Riski Maruto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar