Bawaslu Dumai rekrut 21 petugas pengawas kecamatan untuk Pilkada 2020

id bawaslu dumai,panwascam dumai,pilkada dumai,kpu dumai,pilkada riau 2020,berita riau antara,berita riau terbaru

Bawaslu Dumai rekrut 21 petugas pengawas kecamatan untuk Pilkada 2020

Tiga Orang Komisioner Lama Kembali Jabati Bawaslu Dumai (arazak)

Dumai (ANTARA) - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Dumai memulai tahapan rekrutmen 21 petugas pengawas kecamatan untuk Pemilu Kepala Daerah Tahun 2020, dan pendaftaran dibuka sejak Rabu 27 November hingga 3 Desember 2019.

Komisioner Bawaslu Dumai Devisi Penindakan Pelanggaran Hukum dan Sengketa Agustri menjelaskan, pendaftaran anggota Panwascam ini dilaksanakan secara online, dengan diikuti penyerahan berkas ke petugas telah dibentuk di Kantor Bawaslu Dumai Jalan Putri Tujuh.

"Hari pertama hingga hari kedua pendaftaran sudah ada sekitar 27 orang yang telah menyerahkan berkas ke kantor Bawaslu Dumai dan mereka langsung melakukan pengisian data secara online," kata Agustri, Jumat.

Anggota Panwascam yang akan direkrut sebanyak 21 orang ini nantinya akan ditempatkan tiga orang di setiap kecamatan di Kota Dumai dengan 3 orang, dan sesuai aturan para pendaftar minimal usia 25 tahun dan pendidikan minimal SMA sederajat.

Seleksi calon anggota panwascam tahun ini berbeda dibanding sebelumnya, karena akan dilaksanakan tes tertulis secara elektronik atau menggunakan komputer dan soal tes langsung dari Bawaslu RI, Bawaslu Dumai hanya sebagai penyelenggara.

Setelah mengikuti tes tertulis peserta akan langsung tes wawancara dengan jadwal pelaksanaan pada 13 -17 Desember 2019, pengumuman 18 Desember dan pelantikan dijadwal 21 Desember 2019.

"Kita sudah berkordinasi dengan sejumlah pihak untuk seleksi calon anggota panwascam ini, dan juga sudah diumumkan melalui media sosial, selebaran, website dan spanduk di semua kelurahan Dumai," sebutnya.

Bawaslu mengajak masyarakat untuk ikut serta dalam proses rekrutmen panwascam ini yang akan dilakukan secara terbuka sehingga semua pendaftar berpeluang sama dan bersama mengawasi jalannya Pilkada Dumai 2020.

"Diharap proses rekrutmen panwascam ini berjalan baik tanpa kendala dan pengawas kecamatan bisa independen dengan tidak menjadi pendukung salah satu peserta pemilu atau pengurus partai," harapnya.

Sebelumnya, Ketua KPU Dumai Darwis mengatakan tahap pembentukan petugas pemilihan kecamatan dan kelurahan untuk Pilkada Dumai 2020 akan dimulai Januari 2020 di 7 kecamatan dan 33 kelurahan di Dumai.

"Tahap pembentukan petugas pemilihan kecamatan dan pemungutan suara tingkat kelurahan dimulai pada Januari 2020 mendatang, dan KPU Dumai baru saja mengumumkan logo dan maskot pilkada hasil sayembara," kata Darwis.

Baca juga: 149 orang mendaftar Panwascam di hari pertama

Baca juga: Bawaslu akan dirikan posko anti-politik uang di Pilkada 2020