Riau Air Bakal Buka Rute Penerbangan Pekanbaru-Batam-Bandung

id riau air, bakal buka, rute penerbangan pekanbaru-batam-bandung

Pekanbaru, 1/3 (ANTARA) - Maskapai Riau Air berencana untuk melakukan ekspansi bisnis dengan membuka rute penerbangan Pekanbaru-Batam-Bandung pada tahun ini.

"Rute baru ditargetkan terealisasi bulan April tahun 2011," kata Direktur Komersial Riau Air Revan Menzano, di Pekanbaru, Selasa.

Menurut dia, rute tersebut akan menerbangi Pekanbaru ke Batam, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) dan Batam menuju Bandung, Jawa Barat. Ia mengatakan sejauh ini maskapai yang dahulu bernama Riau Airlines itu baru melayani rute penerbangan di Kepulauan Riau ke kota Tanjung Pinang.

Maskapai itu sebelumnya juga sempat membuka rute ke Batam, namun ditutup sekitar tahun 2010 dengan alasan kendala bisnis.

"Sejak menggunakan nama baru menjadi Riau Air kami berupaya memperbaiki citra dan kembali fokus melayani penerbangan di Sumatera," ujarnya.

Ia mengatakan, maskapai yang saham mayoritasnya dimiliki Pemprov Riau itu kini melayani 10 penerbangan setiap hari.

Komisaris Utama Riau Air, Wan Syamsir Yus, mengatakan sangat mendukung maskapai tersebut segera mengaktifkan kembali rute penerbangan yang sempat ditutup. Menurut dia, Riau Air harus menggunakan momentum Mandala Air yang kolaps untuk merebut pasar penerbangan lokal.

"Riau Air harus mengambil pasar yang ditinggalkan Mandala," kata Wan Syamsir Yus.

Sebelumnya, Riau Air pada awal Maret ini juga membuka kembali rute penerbangan Pekanbaru-Medan sempat ditutup pada Mei 2010. Dengan mengandalkan armada Boeing 737-500, lanjutnya, Riau Air menargetkan "load factor" bisa mencapai 80 hingga 90 persen.

Revan menjelaskan, Riau Air menerapkan strategi "terbang paling pagi" untuk rute Pekanbaru-Medan. Pesawat dari Pekanbaru setiap hari dijadwalkan berangkat pukul 07.00 WIB. Sedangkan, penerbangan dari Medan pada pukul 08.30 WIB.

Menurut dia, strategi tersebut untuk mengincar calon konsumen pesawat dari kalangan pebisnis yang memerlukan penerbangan pagi, dengan harga tiket terjangkau.