Rumah Kreatif Pertamina Dumai Siap Kembangkan Bisnis Usaha Kecil

id Rumah kreatif pertamina, pertamina dumai,pertamina ,berita riau antara,berita riau terbaru

Rumah Kreatif Pertamina Dumai Siap Kembangkan Bisnis Usaha Kecil

Logo Pertamina. ANTARA/pri. (ANTARA)

Dumai (ANTARA) - Rumah Kreatif BUMN Pertamina RU II di kawasan SPBU Coco Jalan Putri Tujuh Kota Dumai siap menjadi rumah bagi para pelaku usaha kecil menengah dalam pengembangan bisnis dan wadah berkumpul untuk meningkatkan daya saing.

General Manager Pertamina RU II DumaDumai Muhammad Dharmariza menyebutkan bahwa program rumah kreatif BUMN hadir sebagai wadah bagi para pelaku UKM untuk pengembangan diri agar memiliki daya saing dan mampu bersaing serta menjawab tantangan kemajuan industri.

Perkembangan pesat UKM sangat memerlukan dukungan khusus untuk peningkatan kapasitas para pelaku usaha agar bisnis yang dijalankan dapat lebih maju dan memiliki pangsa pasar jelas.

"RKB hadir untuk semakin mendukung geliat usaha kecil menengah dengan fasilitas ruang kelas dan diskusi para pelaku untuk berbagai pelatihan bisnis dan strategi pemasaran, semoga bisa bermanfaat," kata Dharmariza, Jumat.

Pembukaan RKB ini, lanjutnya, merupakan inisiatif bersama Kementerian BUMN dan Perusahaan BUMN untuk menjawab tantangan kemajuan industri dan mendorong produk ekonomi kreatif masyarakat tempatan melalui sistem dan strategi pemasaran yang tepat.

Para pelaku UKM bergabung di RKB Dumai ini tidak terbatas hanya mitra binaan Pertamina, namun juga tempat belajar terbuka bagi seluruh pelaku usaha yang memiliki keinginan untuk mengembangkan bisnis dan meluaskan jejaring pemasaran.

Lokasi SPBU Pertamina Puteri Tujuh Dumai sengaja dipilih untuk pendirian RKB ini karena selain kawasan bisnis Pertamina, juga posisi yang tepat di jantung kota Dumai yang diharap dapat lebih mudah diakses oleh masyarakat dan para pengunjung.

"Kita berharap RKB Dumai dapat lebih mudah diakses oleh warga dan pendatang, sehingga bisa membantu para pelaku usaha dalam penjualan produk kreatifitas lokal," sebutnya.

Sementara, Wakil Walikota Dumai Eko Suharjo menilai keberadaan RKB Pertamina dapat menjadi penunjang program pemerintah yang selama ini dijalankan untuk juga mengembangkan usaha kecil menengah.

Selama ini Pemerintah Kota Dumai telah jalankan berbagai pelatihan untuk meningkatkan kapasitas pelaku usaha, dan merupakan kabar baik bagi pelaku usaha yang selama ini masih sulit dalam memasarkan produk.

"Luar biasa Pertamina sudah memulai menyediakan outlet bagi pelaku usaha kecil menengah, dan hendak nya diikuti dengan peningkatan kualitas dan strategi pemasaran. Semoga langkah ini dapat diikuti pihak lain sehingga tercipta sinergi yang lebih baik", kata Eko.

Program bertajuk Rumah Kreatif BUMN kerjasama BUMN dan Perusahaan BUMN sudah dimulai sejak 2016, dan kini telah terdapat lebih dari 200 outlet di seluruh Indonesia, dan khusus Pertamina mengelola 29 RKB di berbagai titik di Indonesia, termasuk di Kota Dumai.

Baca juga: Alih kelola Blok Rokan 2021, AKMR siap bersinergi dengan Pertamina

Baca juga: Dua SD Dumai diberi motivasi belajar relawan Pertamina Energi

Baca juga: Pertamina integrasi Blok Corridor-Rokan-Kilang Dumai
Pewarta :
Editor: Febrianto Budi Anggoro
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar