Dua SD Dumai diberi motivasi belajar relawan Pertamina Energi

id pertamina dumai,pertamina energi negeri,sekolah dumai

Dua SD Dumai diberi motivasi belajar relawan Pertamina Energi

Pertamina Dumai tanam mangrove. (ANTARA/HO-Pertamina)

Dumai (ANTARA) - Dua sekolah dasar negeri di Kota Dumai, yaitu SDN 009 dan SDN 021 Kelurahan Tanjung Palas Kota Dumai didatangi puluhan relawan dari Pertamina Energi Negeri Tahap 4 untuk memberikan motivasi belajar dan bantuan sarana prasarana sekolah.

Para pelajar selama sehari diberikan nuansa belajar berbeda, baik di dalam kelas maupun di luar ruangan, misalnya mengajari anak lakukan pemanfaatan barang bekas dan pembelajaran memotivasi diri oleh 98 relawan terdiri dari pengajar, fasilitator dan dokumentator.

Senior Manager Operation dan Manufacturing (SMOM) Pertamina RU II Iman Syafirman mengatakan, kegiatan PEN adalah agenda rutin tahunan dilakukan pekerja Pertamina secara sukarela dan sudah dilaksanakan sejak 2016.

PEN telah menjadi kegiatan yang dinanti oleh para pekerja khususnya yang memiliki ketertarikan terhadap dunia pendidikan dan hendak memberikan kontribusi nyata melalui aktivitas belajar mengajar.

"PEN di sekolah dasar ini karena anak berada pada masa emas yang masih mudah menyerap banyak informasi dan membutuhkan berbagai asupan guna meningkatkan motivasi dalam belajar," kata Iman, Senin.

Dijelaskan, anak SD juga diperkenalkan dengan informasi mengenai jenis-jenis profesi, nilai-nilai positif dalam kehidupan sehari-hari agar menginspirasi mereka untuk mencapai cita-cita di masa depan.

Selain dengan belajar, relawan PEN juga menyerahkan bantuan buku-buku hingga program pengembangan kapasitas guru dengan nilai masing masing sebesar Rp50 juta, terdiri dari pelatihan kurikulum adiwiyata, renovasi rumah hijau atau green house, bantuan tanaman.

Sekolah lain, yaitu SDN 021 Teluk Berembun Bengkalis diberikan bantuan senilai Rp15 juta untuk revitalisasi bangunan sekolah, dan di SDN 003 Bukit Batu diberikan bantuan berupa sarana dan prasarana belajar seperti proyektor dan meja serta kursi, Benchmarking Batu dan pembuatan biopori di lingkungan sekolah.

"Kita sangat mendukung penuh kegiatan ini, dan diharap melalui program pilar pendidikan kami juga secara rutin memberikan bantuan kepada lembaga pendidikan di berbagai lokasi di lingkungan operasional Pertamina RU II," sebutnya.

Kepala Sekolah SDN 009 Tanjung Palas Jus Sulastri menyambut baik kegiatan ini karena selain dukungan fisik sarana dan prasarana untuk perkembangan sekolah, sekolah juga membutuhkan dukungan berupa aspek pendidikan moral dan motivasi bagi para siswa.

Dia berharap melalui kegiatan dilaksanakan pekerja Pertamina ini, anak didik dapat berani bermimpi untuk menggapai masa depan yang lebih baik dan lebih semangat dalam menjalankan kegiatan belajar mengajar.

Sebelumnya, sekolah ini juga telah mendapat bantuan Pertamina, berupa pembangunan instalasi air, buku perpustakaan, sarana AC dan kipas angin dan berbagai sarana prasarana lainnya.

"Kami ucapkan terima kasih kepada Pertamina yang memilih SDN 009 Tanjung Palas sebagai lokasi pelaksanaan PEN, semoga ke depan dapat terus terjalin kerjasama yang baik," sebutnya.
Pewarta :
Editor: Riski Maruto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar