Rumah Kreatif BUMN Pertamina Tampung 250 UMKM Pekanbaru Untuk Dibina

id rumah kreatif, bumn pertamina, tampung 250, umkm pekanbaru, untuk dibina

Rumah Kreatif BUMN Pertamina Tampung 250 UMKM Pekanbaru Untuk Dibina

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Rumah Kreatif Badan Usaha Milik Negara (RKB) PT Pertamina di Jl. HR Soebrantas Nomor 04 Pekanbaru, Riau menampung 250 Usaha Kecil Mikro setempat, guna mendapat pembinaan.

"250 UKM asal Pekanbaru itu kami bina dalam sebuah wadah Rumah Kreatif BUMN," kata Asisten Suvervisor Rumah Kreatif BUMN Pekanbaru, Rubi Hasril di Pekanbaru, Rabu.

Rubi Hasril menjelaskan sejak berdiri Juni 2017 lalu keberadaan RKB ini semakin dirasakan manfaatnya oleh para UKM yang bernaung di wadah bentukan PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region I Pertamina tersebut.

Ada berbagai keterampilan yang digeluti UKM dalam wadah tersebut mulai dari makanan, kerajinan dan fashion.

"Terbukti setahun berdiri kini sudah mampu membina 250 UKM menjadi enterpreneur yang mumpuni di bidang masing-masing," ujarnya.

Disebutkan Rubi Hasril Rumah Kreatif BUMN wadah bagi UKM untuk mengatasi semua masalah yang dihadapinya dalam proses menjalankan usaha mereka. Mulai dari pemula hingga yang sudah go publik.

Di tempat itu UKM bisa mendapatkan berbagai pertolongan tergantung masalah yang dihadapi dalam berusaha. Misalkan terkait produk, mereka akan menerima pembinaan bagaimana agar hasil karyanya bisa bersaing dan memiliki pasar serta diminati konsumen.

Sementara untuk pemasaran RKB juga memberikan bantuan pemasaran, trik memasarkan, dan menciptakan tampilan menarik agar produk diminati.

"UKM kami berikan pelatihan tiga kali sebulan untuk menambah ilmu dalam menciptakan produk yang dihasilkan, selain itu mereka kami bantu dalam pengurusan izin PIRT serta lainnya, " kata Rubi Hasril.

Tidak sampai di situ, di gedung RKB Pekanbaru lantai dua terdapat beberapa fasilitas yang bisa digunakan oleh UKM untuk mengenal lebih jauh pasar produk. Ada ruangan rapat khusus berdiskusi tentang segala hal karya kreatif mereka.

Ada kamera dan meja khusus untuk ruang foto produk yang disediakan sebelum dipasarkan lewat daring, ruang pamer bagi karya yang sudah jadi serta lainnya.

Sementara itu salah satu UKM Gaharu Plaza Indonesia, Budi Hasibuan binaan RKB di Pekanbaru mengaku terbantu dengan wadah tersebut.

"Kami UKM terbantu dengan wadah di RKB karena dari yang tidak tahu jadi banyak memahami apa yang kurang pada produk kami, lalu belajar agar bisa di kenal, " ujar UKM Gaharu Plaza Indonesia, Budi Hasibuan di Pekanbaru.

Ia juga terfasilitasi untuk mendapatkan berbagai kemudahan pengurusan menuju pasar yang lebih baik. Sehingga dari awal hanya satu dua turunan produk gaharu, kini tercipta ratusan karya oleh Hasibuan. Ada makanan, minuman, kosmetik hingga peralatan asesories lainnya.

''Seperti dari daunnya yang sudah kita kembangkan menjadi produk teh, kopi hingga rokok. Bahkan, kita sudah mengemas menjadi kemasan menarik menjadi teh gelas,'' kata Budi.

Pantauan antara Di RKB tampak aneka kerajinan dipajang dalam etalase yang disediakan. Mulai dari tas wanita berbahan Pandan, dompet, tudung saji, kotak tisu, bros, sandal hingga tenunan songket melayu dan sebagainya.

Tidak jarang pelancong dan wisatawan yang datang ke Pekanbaru memburu karya pengerajin tersebut sebagai oleh-oleh asal bumi Melayu.

Harga yang ditawarkan lumayan bersaing untuk sebuah tas wanita ukuran besar berbahan dasar Pandan hanya di patok Rp150.000-Rp180.000 per unit. Sementara untuk bros hijab hanya Rp15.000 per unit.esar berbahan dasar Pandan hanya di patok Rp150.000-Rp180.000 per unit. Sementara untuk bros hijab hanya Rp15.000 per unit.

***3***

Pewarta :
Editor: Vera Lusiana
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar