Siak akan gelar Festival Kabupaten Lestari II, begini penjelasannya

id siak,hut ke-20 siak,pariwisata riau,festival kabupaten lestari,pariwisata siak,berita riau antara,berita riau terbaru

Siak akan gelar Festival Kabupaten Lestari II, begini penjelasannya

Kepala Diskominfo Siak, Surya Arfan menerangkan soal Peringatan HUT Siak ke-20.(ANTARA/HO-Pemkab Siak)

Siak, Riau (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Siak akan mengelar Festival Kabupaten Lestari 2019 dalam rangkaperingatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-20 yang jatuh pada 12 Oktober 2019 mendatang selain juga Festival Siak Bermadah.

"Tahun ini kita menjadi tuan rumah festival kabupaten lestari 2019, sebelumnya Musi Banyuasin, Palembang yang menjadi tuan rumah. Sesuai petunjuk pak bupati acara di satukan agar lebih meriah," kata Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi Siak, Surya Arfan, Selasa.

Lanjutnya, Festival Kabupaten Lestari akan melibatkan seluruh kabupaten anggota pendiri Lingkar Temu Kabupaten Lestari. Diantaranya Kabupaten Musi Banyuasin, Rokan Hulu, Batanghari, Labuan Batu Utara, Sintang, Sanggau dan Sigi serta sejumlah kabupaten mitra seperti Gorontalo, Aceh Timur dan Tambraw.

"Berhubung Pak Bupati sebagai Sekjen dalam kepengurusan LTKL ini, dan juga sebagai tuan rumah. Maka kita undang semua anggota pendiri LTKL datang ke Siak," sebutnya.

Pihaknya mengharapkan seluruh rangkaian kegiatan HUT kabupaten Siak ke 20 mendatang akan melibatkan masyarakat. Saat ini seluruh aparatur sipil negara, honorer, BUMD dan instansi vertikal serta pelajar juga mengenakan pakaian melayu dalam menyambut HUT Kabupaten Siak 12 Oktober mendatang.

Rangkaian kegiatan peringatan hari jadi ke 20 Kabupaten Siak dan Festival Kabupaten Lestari tahun 2019 sendiri sudah dimulai. Diantaranya sejak 1 Agustus sudah ada Kegiatan Festival Film Pendek “Pesona Kampung”.

Pada 02-12 Oktober 2019 semua ASN ,Honorer, BUMD dan Instansi vertikal serta pelajar berpakaian Melayu. Minggu, 06 Oktober 2019 kemarin ada kegiatan pengobatan gratis dengan dokter spesialis di semua Kecamatan.

Kemudian Kamis (10/10) ada sejumlah acara yang dimulai dengan kegiatan gotong royong massal semua kecamatan. Lanjut Talkshow LTKL di gedung daerah, Inspiration Talk dan Belajar dari Alam “FESTIVAL KABUPATEN LESTARI TAHUN 2019", Pembukaan Pawai Budaya Internasional Tahun 2019, dan Malam pembukaan festival siak bermadah dan pembukaan festival Kabupaten Lestari tahun 2019.

Selanjutnya Jumat (11/10) dilakukan I’tikaf pada Pukul 02.25 WIB dini hari diikuti Dzikir dan Tabligh Akbar. Lalu Bincang lestariTemu Inovasi Lestari "FestivalKabupaten Lestari tahun 2019".

Selain itu juga Ziarah makam utamanya ke Makam Sultan Syarif Kasim II di Kel. Kampung dalam, Makam Koto Tinggi di Kel. Kampung dalam. Makam Raja Kecik Kampung Buantan Besar dan Makam Tengku Buwang Asmara di Kelurahan Sei Mempura.

Setelah itu pada Sabtu, (12/10) dilaksanakan Kegiatan Upacara Peringatan Hari Jadi ke-20 Kabupaten Siak tahun 2019. Ada juga acara Penyerahan Sertifikat Istana Siak oleh kepala BPN Provinsi Riau, Penyerahan penghargaan oleh bupati Siak, Peresmian penggunaan Display Arsip dan Perpustakaan Syariah.

Ada juga Sidang paripurna bersempena hari jadi ke-20 Siak tahun 2019, Pembukaan pameran dokumentasi arsip Istana Siak, Journey of Siak Hijau “festival kabupaten lestari tahun 2019”, City Tour Kabupaten Siak, dan Penutupan "Festival Kabupaten Lestari tahun 2019".

Pada Minggu (13/10) kegiatan gerak jalan santai dan jamuan kuliner jajanan rakyat dan ditutup dengan Anjang Sana (pemberian Santunan).(adv)

Baca juga: Karhutla Riau - Pelaku pariwisata gencarkan promosi pascabencana kabut asap

Pewarta :
Editor: Febrianto Budi Anggoro
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar