Waspada, karhutla di Bengkalis meluas

id karhutla bengkalis

Waspada, karhutla di Bengkalis meluas

Tim RPK PT SPA dan PT Arara Abadi-APP Sinar Mas Wilayah Riau serta TNI membantu pemadaman Karhutla di Desa Bukit Kerikil Kecamatan Bandar Laksamana Kabupaten Bengkalis.(Alfisnardo)

Bengkalis (ANTARA) - Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang terjadi di beberapa wilayah di Kabupaten Bengkalis Riau hingga hari ke empat terus meluas.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bengkalis Tajul Mudaris mengungkapkan, Karhutla terjadi saat ini di Desa Pangkalan Libur Kecamatan Pinggir dan Dusun 4 Desa Bukit Kerikil Kecamatan Bandar Laksama.

"Luas Karhuta di kecamatan Pinggir diperkirakan 10 hektare dan di Kecamatan Bandar Laksamana 7 hektare," kata Tajul, Rabu.

Diungkapkannya, hingga saat ini karhutla belum berhasil dipadamkan akibat lokasi yang jauh dijangkau untuk jalur darat.

"Ada sekitar tiga titik api yang belum bisa terjangkau, kendala saat pemadaman sumber air dari lokasi kebakaran jauh dan jarak tempuh yang jauh dilalui," ujar Tajul.

Untuklahan yang terbakar saat ini merupakan lahan gambut yang belum diketahui pemiliknya. Selain itu tim saat ini dari Manggala Agni, TNI, Polri, Damkar, MPA, Masyarakat, Pusadtin berjibaku memadamkan lokasi yang terbakar.

"Untuk wilayah yang sulit dijangkau menggunakan Water Bombing Satgas Udara Siaga darurat Karhutla propinsi . Riau," papar Tajul.

Public RelationsPT AA-APP Sinar Mas, Nurul Huda mengatakan, pihak perusahaan juga menurunkan regu untuk membantu pemadaman karhutla yang terjadi di Bukit Kerikil dan juga akan melakukan water bombing dari udara.

"Karhutla yang terjadi di Bukit Kerikil

berjarak sekitar 6 sampai dengan 7 KM dari pinggiran Konsesi mitra Perusahaan kita, tim sudah diturunkan ke lokasi membantu pemadaman bersama TNI, Polri dan BPBD Bengkalis, " kata Nurul Huda.