APP Group bantu padamkan karhutla di Tasik Tebing Serai Bengkalis

id Berita hari ini, berita riau terbaru, berita riau antara, Indah Kiat,APP Group

APP Group bantu padamkan karhutla di Tasik Tebing Serai Bengkalis

Tim RPK dari APP Group saat melakukan pendinginan di Tasik Tebing Serai, Kabupaten Bengkalis, Riau (1/8/24). (ANTARA/HO-PT Indah Kiat)

Pekanbaru (ANTARA) - APP Group di Riau melalui unit usaha PT Arara Abadi menurunkan satu regu pemadam kebakaran (RPK) berkolaborasi dengan Satgas Penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) memadamkan api akibat yang berjarak 2 Km di luar batas konsesi yang berada Desa Tasik Tebing Serai, Kecamatan, Talang Muandau Kabupaten Bengkalis, Kamis (1/8).

Menurut Fire Operational ManagementHeadPT Arara Abadi PriyoUtomopihaknya mendapat info dari dari hasil patroli udara Satgas Penanggulangan Karhutla Riau, ditemukan titik apidi dekat konsesi PT Arara Abadi Distrik Duri 1 Melibur. "Setelah kita plot di peta dan ground chek, api berada di Desa Tasik Tebing Serai yang berjarak 2-2,5 Km meter dari batas luar konsesi kita," katanya.

Sebagai bentuk komitmen, jika ditemukan api di luar batas konsesi dalam radius 5 km, maka dengan gerak cepat koordinasi dalam hal ini Satgas Penanggulangan Karhutla Riau, PT Arara Abadi maupun perusahaan-perusahaan mitra APP Goup akan membantu ikut memadamkan api tersebut baik bantuan tim darat maupun melalui tim udara (heli water bombing) disesuaikan dengan kondisi.

Untuk karhutla yang terjadi di Desa tasik Tebing Serai, telah diturunkan 1 regu RPK lengkap dengan peralatan berkolaborasi dengan Satgas Karhutla Provinsi Riau yang terdiri dari unsur TNI/Polri, BPBD Riau dan Kabupaten, Manggala Agni serta MPA. Saat ini kondisi api sudah berkurang namun tetap dilakukan pemadaman dan pendinginan yang dikomandoitim Satgas Riau. "Kita juga berkolaborasi membantu pemadaman yang di kawasan Suaka Margasatwa Giam Siak Kecil dan di Rokan Hilir," kataPriyo menambahkan.

Sementara itu,Wadan Satgas Penanggulangan Karhutla Riau yang juga Kepala Pelaksana BPBD Riau M Edy Efrizalkepada media membenarkan bahwa hasil patroli dari satgas Riau, api ditemukan di beberapa titik, salah satunya di Tasik Tebing Serai.

”Setiap hari Satgas Penanggulangan Karhutla Riau yang terdiri dari berbagai unsur selalu melakukan patroli udara rutin untuk memantau dan memeriksa titik-titik api untuk disampaikan ke berbagai pihak terkait.

"Kita apresiasi bantuan dari APP Group melalui gerak cepat RPK PT Arara Abadi yang telah berkolaborasi dengan Satgas Penanggulangan Karhutla Riau yang ikut membantu memadamkan karhutla.

Kita berharap akan semakin banyak partisipasi dan tanggung jawab perusahaan lainnya yang beroperasi di Riau, baik yang bergerak dalam industri perkebunan maupun industrikehutanan. Alhamdulillah saat ini titik api sudah sangat jauh berkurang di Riau," paparnya.

Penanggulangan karhutlaselain dari kesiapan Tim Satgas Darat maupun Satgas Udara juga kita dibantu oleh cuaca yang di beberapa daerah turun hujan dalam beberapa hari belakangan ini. Kita harus pertahankan Riau Bebas Asap," demikian M Edy Efrizal.