BPBD tangani 20 kasus karhutla di Bengkalis

id karhutla bengkalis,kebakaran lahan, karhutla

Personel Polres Bengkalis memeriksa lokasi kebakaran hutan dan lahan di Jalan Satria Ujung Dusun Karya Desa Ulu Pulau, Kecamatan Bantan Kabupaten Bengkalis, beberapa waktu lalu. (Foto Humas Polres Bengkalis)

Bengkalis (ANTARA) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau, pada Mei 2019 telah menangani 20 kasus kebakaran hutan dan lahan di wilayah setempat.

"Pada Mei 2019 kejadian bencana alam di Kabupaten Bengkalis dominan kebakaran lahan dan perkebunan, ada 20 kasus karhutla yang telah ditangani," ujar Kepala BPBD Bengkalis Tajul Mudaris, Sabtu.

Dikatakan Tajul, 20 kasus yang ditangani tersebut, antara lain kebakaran lahan terjadi di Jalan Lintas Duri Dumai (KM 12 Kulim) Kecamatan BathinSolapan dan di Jalan Jend. Sudirman Koto Pait Beringin Pinggiran Sungai Panton Kecamatan Talang Muandau. Dan kebakaran lahan gambut di Jalan Dusun Permai Desa Pambang Pesisir Kecamatan Bantan.

"Karhutla ini terjadi dati tanggal 1 hingga 3 Mei 2019," ungkap Tajul.

Kemudian tanggal 4 Mei terjadi kebakaran lahan kosong di Jalan Siak Desa Simpang Padang Kecamatan BathinSolapan, kebakaran lahan gambut Jalan Tegar Kecamatan Mandau, pada tanggal 6 hingga 8 Mei 2019 terjadi kebakaran lahan gambut perkebunan sawit di Jalan PU Kecamatan Rupat, Kebakaran lahan di Jalan Rangau KM 11 Kecamatan Bathin Solapan, kebakaran lahan gambut perkebunan karet di Jalan Jeram Kecamatan Rupat dan kebakaran lahan di Jend Sudirman Koto Pait Beringin Kecamatan Talang Muandau.

Selanjutnya pada tanggal 9 hingga 13 Mei 2019, kebakaran lahan perkebunan karet di Jalan Stadion Kecamatan Bukit Batu, kebakan lahan di Jalan 125 RT Desa Simpang Padang Kecamatan Bathin Solapan 2019, kebakarann lahan gambut perkebunan sawit di Jalan Tegar Ujung Kecamatan Mandau, kebakaran lahan Jalan Siak Gang. Nangka Kecamatan Bathin Solapan dan kebakaran lahan di Jalan Jend. Sudirman KM 3 Koto Pait Beringin Kecamatan Talang Muandau.

Berikutnya masih tanggal 11 sampai 13 Mei 2019, terjadi di kebakaran lahan di Jalan Hasan Desa Bantan Sari Kecamatan Bantan, kebakaran lahan di Jalan Syahdan Kecamatan Rupat dan kebakaran lahan Jalan Sudirman Kecamatan Talang Muandau.

Tanggal 22 hingga 27 Mei 2019 terjadi kembali kebakaran lahan di Jalan Mekar Sari Kecamatan Rupat, kebakaran lahan di Rampang Kecamatan Rupat dan tanggal 28 Mei 2019 kebakaran lahan gambut perkebunan di Jalan Tegar Ujung Kecamatan Mandau.

"Kami mengimbau kepada seluruh masyarakat Kabupaten Bengkalis agar tidak membuka lahan dengan cara membakar, serta juga tetap waspada dan menjaga lahan maupun perkebunan yang dimiliki, " pinta Tajul.
Pewarta :
Editor: Riski Maruto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar