KPU Dumai : Partisipasi pemilih Pemilu capai 79,98 persen

id kpu dumai,pemilu dumai,sengketa pemilu

KPU Dumai : Partisipasi pemilih Pemilu capai 79,98 persen

Calon Presiden petahana nomor urut 01 Joko Widodo menyapa massa pendukungnya saat melakukan kampanye terbuka di kota Dumai, Dumai, Riau, Selasa (26/3/2019). Dalam kampanye di hadapan ribuan massa pendukung, kader dan caleg parpol koalisi, Joko Widodo menyampaikan sejumlah program unggulan dan proyek strategis yang akan dibangunnya di Riau jika nanti terpilih lagi sebagai presiden. ANTARA FOTO/AswaddyHamid/wsj.

Dumai (ANTARA) - Komisioner Komisi Pemilihan Umum Kota Dumai,Parno, menyatakan tingkat partisipasi pemilih saat pelaksanaan Pemilu 17 April 2019 lalu melampaui target nasional, yaitu 79,98 persen dari 77,5 persen

Persentase partisipasi pemilih ini untuk keseluruhan pelaksanaan Pemilu 2019, meliputi pemilihan presiden dan legislatif tingkat kota, provinsi dan pusat.

"Partisipasi tertinggi untuk pemilihan presiden dibanding legislatif, dan untuk keseluruhan pemilu 2019 tercapai 79,98 persen," kata Parno, Selasa.

Dijelaskan, tingginya partisipasi pemilih dalam pemilihan presiden karena selain antusias warga, juga karena adanya daftar pemilih tambahan warga pindahan dan hanya bisa memilih untuk presiden saja.

Untuk mencapai tingkat partisipasi masyarakat pemilih yang memenuhi target, KPU Dumai gencarkan sosialisasi Pemilu 2019 melalui berbagai program dan membentuk 10 basis relawan.

Sejumlah kegiatan untuk menarik partisipasi masyarakat, di antaranya konser musik, Pemilu Run 2019, simulasi pemungutan suara dan lain nya, 10 basis relawan berada di lingkungan pemilih marginal, pemula, disabilitas dan pengajian.

Sementara, Ketua KPU Dumai Darwis mengaku belum bisa menetapkan perolehan suara legislatif hingga kini karena ada sengketa dan masih harus menunggu keputusan Mahkamah Konstitusi.

KPU Dumai juga turut mengirimkan sejumlah dokumen terkait pemilihan presiden dan wakil presiden ke KPU RI untuk kepentingan persidangan tengah berjalan di MK atas permohonan Tim Hukum Calon Presiden Nomor Urut 02 Prabowo Subianto dan Sandiaga Salahuddin Uno.

"Penetapan anggota legislatif masih menunggu penyelesaian di MK, dan secara umum pelaksanaan pemilu 2019 berjalan lancar dan tertib," sebut Darwis.

Baca juga: Superhero bawa pesan damai ke MK, bawa santai sidang sengketa Pilpres

Baca juga: KPU tegaskan Ma'ruf tidak langgar ketentuan pemilu sebagai Cawapres