PLN WRKR Realisasikan Pemasangan 32.000 Pelanggan Baru

id pln wrkr, realisasikan pemasangan, 32000 pelanggan baru

Pekanbaru, 27/10 (ANTARA) - PT PLN Wilayah Riau dan Kepulauan Riau merealisasikan pemasangan listrik bagi 32.000 pelanggan baru untuk seluruh Riau dalam peringatan Hari Listrik Nasional Ke-65.

General Manager PLN Wilayah Riau dan Kepulauan Riau (WRKR) Oman Sumantri di Pekanbaru, Rabu, mengatakan, pemasangan listrik bagi pelanggan baru itu merupakan bagian dari program "sehari sejuta pelanggan" yang dicanangkan PT PLN.

Program pemasangan sambungan baru di Riau dilakukan di Perumahan Subrantas Asta Regency yang terletak di jalan Raya Pekanbaru-Bangkinang KM 14,5.

"PLN WRKR memiliki daftar tunggu sebanyak 115.217 calon pelanggan, namun target yang diberikan oleh PLN Pusat hanya 32.000. Dari target tersebut Riau mendapatkan kuota 27.071 sambungan," ujarnya saat ditemui usai acara peresmian.

Dikatakan Oman, khusus untuk Pekanbaru daftar tunggu calon pelanggan sekitar 43.800, namun yang dapat dipenuhi baru 13.345 pelanggan. Untuk itu, PLN akan melakukan pemasangan selanjutnya pada triwulan II/2011.

"Dengan tersambungnya 32.000 pelanggan hari ini, berarti jumlah pelanggan PLN naik dari 667.263 menjadi 699.263 pelanggan, atau sekirat 4,7 persen," jelasnya.

Lebih lanjut Oman menjelaskan, untuk mengatasi defisit daya listrik akibat penambahan pelanggan baru ini, PLN WRKR menambah 52 unit denset sewa yang ditempatkan di PLTD Teluk lembu dengan kapasitas 40 MW. Dari 52 genset tersebut, sebagian akan dihidupkan pada hari ini.

"Pada akhir Desember PLN juga akan menambah jumlah genset sewa dengan kapasitas 30 MW, seluruhnya untuk Pekanbaru tanpa melalui sistem interkoneksi,"tutur Oman

Oman menambahkan, perumahan Subrantas Asta regency merupakan tempat yang dinilai strategis dan representatif.

"Selain itu perumahan di Panam ini memiliki akses jalan yang cukup lebar dan dekat dengan jalan raya hingga perumahan ini mudah dijangkau oleh masyarakat. Diharapkan program ini dilakukan setiap tahun," katanya.

Menurut Manajer Rayon Timur Guswar, untuk menyukseskan program gerakan sejuta pelanggan sehari ini, seluruh karyawan PLN melakukan kerja lembur.

"Hal ini dilakukan untuk mencapai target yang diberikan oleh PLN WRKR Pekanbaru kepada rayon masing-masing daerah," ucapnya.