Pengamanan Kantor KPU diperketat jelang aksi unjuk rasa

id Berita hari ini, berita riau terkini, berita riau antara, KPU,pemilu 2019, pilpres 2019, Jokowi vs prabowo, Jokowi maaruf amin, Prabowo sandiaga, prab

Pengamanan Kantor KPU diperketat jelang aksi unjuk rasa

Sejumlah anggota Brimob mengamankan Kantor KPU RI menjelang adanya unjuk rasa yang akan dilakukan pada siang ini, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (9/5/2019). (ANTARA/Astrid Faidlatul Habibah)

Jakarta (ANTARA) - Pengamanan di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Republik Indonesia, Jakarta, Kamis, diperketat menjelang rencana unjuk rasa yang akan dilakukan oleh Gabungan Elemen Rakyat untuk Keadilan dan Kebenaran (Gerak) pada siang ini.

Unjuk rasa tersebut bertujuan untuk menuntut penyelenggara pemilu mendiskualifikasi pasangan calon presiden 01 Jokowi-Ma’ruf Amin.

Baca juga: Jokowi-Ma'ruf unggul 13,9 juta suara pada Situng KPU Kamis pagi

Pengamanan sudah dilakukan di sekitar Gedung KPU mulai dari halaman Kantor KPU, perempatan Jalan Imam Bonjol, hingga kawasan Taman Suropati.

Terlihat bentangan kawat berduri yang berlapis serta ratusan petugas dari satuan Brimob, Polisi, dan TNI memakai perlengkapan lengkap yang dibagi untuk berjaga di Kawasan Taman Suropati hingga halaman dalam Gedung KPU.

Pada hari biasa, pengamanan hanya dilakukan di depan Gedung KPU dengan menggunakan bentangan kawat berduri serta hanya puluhan petugas keamanan saja yang berjaga.

Selain itu, pada hari biasa tidak ada pengamanan yang dilakukan oleh satuan Brimob sampai ke seluruh Jalan Imam Bonjol hingga Taman Suropati, Jakarta Pusat, seperti sekarang.

Lebih lanjut, pengunjung yang akan masuk ke dalam kantor KPU pun akan melewati "metal detector" dan pemeriksaan berlapis mulai dari pintu gerbang.

Pemeriksaan sebelum memasuki Gedung KPU, Jakarta Pusat, Kamis (9/5/2019) (ANTARA/Astrid Faidlatul Habibah)


Rencananya pada pukul 12.00 WIB jalan di sekitaran Gedung KPU akan ditutup sementara.

“Dapat informasi sih massa yang akan datang berjumlah sekitar 1.000 orang,” kata petugas KPU Domu Nadeak yang ditemui di Kantor KPU RI, Jakarta Pusat.

Baca juga: Waduh, Saksi Prabowo-Sandiaga tolak tandatangani hasil rekapitulasi

Baca juga: Pleno Pemilu 2019 di Kota Pekanbaru berpotensi molor dari jadwal. Begini penjelasan KPU


Pewarta: Astrid Faidlatul Habibah/Unggul Tri Ratomo