Bupati Rokan Hilir salurkan hak suara di TPS 19 Bagan Timur

id Pemilu 2019,bupati rohil,berita riau terbaru,berita riau antara

Bupati Rokan Hilir salurkan hak suara di TPS 19 Bagan Timur

Bupati Rokan Hilir Suyatno bersama istri Wan Mardiana Suyatno saat menyalurkan hak suaranya di TPS 19 Kelurahan Bagan Timur, Kecamatan Bangko Kabupaten Rokan Hilir, Riau, Rabu (17/4/2019). (Antaranews/ Dedi Dahmudi)

Rokan Hilir, Riau (ANTARA) - Bupati Kabupaten Rokan Hilir, Provinsi Riau, Suyatno bersama istri Wan Mardiana Suyatno menyalurkan hak suaranya di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 19 Kelurahan Bagan Timur, Kecamatan Bangko, Rabu.

Bupati bersama istri tiba dilokasi pukul 08.00 WIB berjalan kaki dari kediaman, karena memang jarak TPS tak jauh dari kediamannya.

Tiba di TPS, Bupati langsung melakukan pendaftaran seperti warga lainnya dan juga tetap mengikuti nomor antrian layaknya masyarakat biasanya.

Saat dipanggil petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS), Bupati dan istri langsung mengambil lima jenis surat suara, yaitu surat suara untuk DPRD kabupaten/kota, DPRD provinsi, DPR RI, DPD, dan surat suara untuk Presiden-Wakil Presiden.

Setelah itu Bupati kembali antri dan menunggu bilik suara kosong, tiap TPS disediakan empat buah kotak suara dan maksimal 300 Daftar Pemilih Tetap (DPT) menyesuaikan agar selesai tepat waktu pada pukul 13.00 WIB.

Baca juga: Heboh, Spiderman dan Gatotkaca ikut Pemilu di Pekanbaru. Kok bisa?

Satu persatu kertas suara dibuka dan disusun rapi kembali oleh Bupati dan istri, dan selanjutnya dimasukkan ke kotak suara tempat surat suara setelah dicoblos.

Bupati mengatakan, bahwa sebagai warga negara ia bersama istri melakukan pencoblosan menyalurkan hak suara, karena dengan lima menit maka menentukan nasib Indonesia lima tahun mendatang.

"Saya lihat karena masih pagi belum begitu ramai mungkin masih dirumah menyelesaikan pekerjaan rumah, ibu-ibu mungkin memasak dulu karena waktunya kan sampai jam 1 siang nanti," kata Suyatno.

Ia berpesan agar masyarakat Rokan Hilir berbondong-bondong ke TPS, apalagi ini kali pertamanya pelaksanaan Pemilu serentak 2019.

"Paling tidak minimal 70 persen, kalau bisa diatas itu lah untuk partisipasi di Kabupaten Rokan Hilir," kata Bupati.

Selanjutnya Bupati melakukan peninjauan di kecamatan-kecamatan, diantaranya KecamatanSinaboi dan sekitarnya.

Baca juga: Waduh, 500 lebih napi dan tahanan Rutan Siak tidak ikut Pemilu