Sentra Gakkumdu Inhu terbaik dalam penanganan tindak pidana Pemilu 2019.

id Bawaslu,sentra gakkumdu inhu terbaik, gakkumdu inhu

Sentra Gakkumdu Inhu terbaik dalam penanganan tindak pidana Pemilu 2019.

Anggota Bawaslu Ratna Dewi Pettalolo saat memberikan penghargaan kepada Sentra Gakkumdu Indragiri Hulu.  (ANTARA/Vera Lusiana)

Pekanbaru (ANTARA) - Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Sentra Gakumdu) KabupatenIndragiri Hulu, Riau meraih predikat sebagai pusat pelayanan terbaik saat penanganan tindak pidana Pemilu 2019.

"Dalam putusan tindak pidana Pemilu 2019, Riau menempati urutan terbanyak kedua di Pulau Sumatera setelah Provinsi Sumatera Barat," kata Kordinator Sentra Gakkumdu Nasional Ratna Dewi Pettalolo saat kunjungan di acara "Rapat Evaluasi Sentra Gakkumdu Terhadap Penanganan Tindak Pidana Pemilu Tahun 2019" yang dilaksanakan di Pekanbaru Kamis.

Secara nasional sebut Ratna Dewi Pettalolo,dari 34 Provinsi se-Indonesia yang dinilai, Riau di urutan ke delapan terbanyak penanganan tindak pidana Pemilu 2019.

Walau diakuinya, hal ini sesungguhnya tidak dapat dikatakan sebagai alat ukur keberhasilan sebuah lembaga dilihat dari tingginya angka putusan yang inkrahkarena Bawaslumemiliki kewenangan yang berdampingan antara pencegahan dan penindakan.

"Tetapi tentu ini juga tidak bisa diartikan prestasi kelembagaan. Karena kita bisa memproses penanganan pelanggaran sampai pada inkrah 16 putusan. Secara nasional ada 317 putusan pidana yang sudah inkrah," tuturnya .

Sementara itu, Ketua Bawaslu Provinsi Riau Rusidi Rusdan yang juga penasehat Sentra Gakkumdu Provinsi Riau mengatakan, forum ini sangat strategis untuk membenahi lembaga tersebut agar bisa menemukan solusi.

"Jadi ini evaluasi dari kita dan untuk kita, tentu kegiatannya harus objektif terhadap masalah-masalah yang dirasakan bersama, sehingga solusi yang dirumuskan bisa memperbaiki kinerja lembaga menghadapi Pemilu 2020," ucapnya.

Kegiatan ini juga memberikan penghargaan kepada Sentra Gakkumdukabupaten/kota, yang berprestasi dalam melakukan penanganan tindak pidana pemilu dengan harapan agar menjadi motivasi juga kepada mereka dalam menangani tindak pidana Pilkada serentak tahun depan.

Dalam sesi pemberian penghargaan ini, Sentra Gakkumdu Kabupaten Indragiri Hulu memperoleh penghargaan sebagai Sentra Gakkumdu terbaik se Provinsi Riau, disusul KabupatenKampar dan Kabupaten Kepulauan Meranti.