KPU Dumai ikuti empat penilaian penghargaan Pemilu 2019

id Kpu dumai, pemilu dumai

Komisioner KPU Kota Dumai. (ANTARA/Abdul Razak)

Dumai (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum Kota DumaiRiau mengikuti empat kategori penilaian penghargaan oleh KPU RI terkait penyelenggaraan pemilihan umum dan pemilihan gubernur dan wakil gubernur, bupati dan wakil bupati atau wali kota dan wakil wali kota 2019.

Anggota KPUDumai Divisi Sosialisasi dan Partisipasi Masyarakat,Parno, mengatakan empat penilaian diikuti KPUDumai ialah kreasi sosialisasi dan partisipasi pemilu dan pemilihan, transparansi informasi pemilu dan pemilihan, Iklan layanan masyarakat kreatif dan inovatif dan kategori daerah dengan pengajuan alat bukti terbaik dalam penanganan masalah atau sengketa hukum pemilu.

"Empat penilaian penghargaan diikuti KPU Dumai ini sesuai keputusan KPU RI tentang pedoman pemberian penghargaan dalam penyelenggaraan pemilu lalu," kata Parno, Rabu.

Empat kategori penilaian diikuti KPU Dumai sesuai dengan hasil rapat komisioner dan sekretariat KPU, dan penyerahan berkas sudah dikirim pada Senin 9 September 2019 ke KPU Provinsi Riau.

KPU Dumai mendapat apresiasi dari KPU Riau atau partisipasi mengikuti penilaian penghargaan dan penyampaian berkas, selanjutnya diserahkan pada tim penilai dan diteruskan ke KPU RI.

"Semua berkas yang masuk dari seluruh KPU kabupaten kota dilakukan penilaian oleh tim di Provinsi Riau dan diserahkan ke KPU RI," sebutnya.

Diketahui juga saat pelaksanaan Pemilu serentak 2019 di Kota Dumai bahwa tingkat partisipasi pemilih melampaui target nasional, yaitu 79,98 persen dari 77,5 persen, dan tertinggi untuk pemilihan presiden dibanding legislatif.

Tingginya partisipasi pemilih dalam pemilihan presiden karena selain antusias warga, juga karena adanya daftar pemilih tambahan warga pindahan dan hanya bisa memilih untuk presiden saja.

Untuk mencapai tingkat partisipasi masyarakat pemilih yang memenuhi target, KPU Dumai gencarkan sosialisasi Pemilu 2019 melalui berbagai program dan membentuk 10 basis relawan.

Sejumlah kegiatan untuk menarik partisipasi masyarakat, di antaranya konser musik, Pemilu Run 2019, simulasi pemungutan suara dan lainnya, 10 basis relawan berada di lingkungan pemilih marginal, pemula, disabilitas dan komunitas pengajian.

Baca juga: Ada 21 wajah baru dari 30 anggota DPRD Dumai terpilih

Baca juga: Demokrat Dumai usulkan tiga nama untuk Ketua DPRD


Pewarta :
Editor: Riski Maruto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar