Kakanwil Kemenag Riau Lantik Sembilan Pejabat Baru

id kakanwil kemenag, riau lantik, sembilan pejabat baru

Pekanbaru,20/9(ANTARA)- Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementrian Agama (Kemenag) Riau, H. Ansyari Nur, Senin, melantik sembilan pejabat eselon III dan IV yang baru di lingkungan Kementrian Agama.

Pada pelantikan tersebut, terdapat tiga Kepala Kemenag baru yang dilantik yakni Rokan Hulu, Rokan Hilir dan Bengkalis. Jabatan Kepala Kemenag Bengkalis yang sebelumnya dipegang oleh Abdul Munir, digantikan oleh Jumari yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Seksi Urusan Agama Islam Dumai.

Kemudian, Kepala Kemenag Rokan Hilir yang dijabat oleh Ruslan digantikan oleh Agustiar yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Seksi Ibadah dan Sosial Kemenag Riau. Dan Kepala Kemenag Rokan Hulu yang sebelumnya dijabat Abdul Rahman digantikan oleh Ahmad Supardi yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Bagian Humas dan Administrasi di Kemenag Riau.

Selain itu, jabatan yang ditinggalkan tersebut langsung digantikan tiga pejabat eselon IV lainnya. Dan tiga pejabat lainnya juga masih bekerja di wilayah Kanwil Kemenag Riau.

"Pada tahun ini terjadi perbedaan, dikarenakan pengangkatan Kepala Kemenag bukan lagi wewenang kepala daerah. Namun diserahkan langsung ke Kantor Wilayah," ujar dia.

Dikarenakan hal itu, lanjut dia, ia mengimbau kepada pejabat di Kemenag untuk mampu mengembangkan diri dan kemampuannya.

"Untuk pengangkatan sejumlah pejabat ini, terutama Kepala Kemenag, pihak Kanwil terpaksa mengadakan tes untuk mencari siapa yang pantas menduduki posisi tersebut," tambah dia.

Ia menambahkan usai melakukan pengangkatan, pihaknya akan terus melakukan pengawasan dan evaluasi terhadap sejumlah pejabat tersebut. Menurut dia, jika tidak bisa menjalankan program yang ada, pihaknya berhak melakukan pemutasian.

"Ada lima program pokok yang harus dilakukan yakni peningkatan kualitas umat beragama, kerukunan, pendidikan, penyelenggaraan ibadah haji dan tata kelola yang baik," kata dia.

Oleh karena itu, ia mengharapkan kepada sembilan pejabat yang dilantik tersebut untuk bekerja dengan sebaik-baiknya.