Ratusan Brimob Polda Riau dikerahkan atasi Karhutla

id brimob polda riau,polda riau,karhutla riau 2019,karhutla

Ratusan Brimob Polda Riau dikerahkan atasi Karhutla

Arsip foto. Personel Polres Bengkalis memadamkan kebakaran lahan gambut dengan latar belakang helikopter Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan saat proses pemadaman kebakaran hutan dan lahan di Pulau Rupat, Kabupaten Bengkalis, Riau, Kamis (28/2/2019) (ANTARA FOTO/FB Anggoro)

pekanbaru (ANTARA) - Pekanbaru, (ANTARA) - Kepolisian Daerah Riau mengerahkan ratusan personel Brigade Mobil guna memperkuat upaya penanggulangan kebakaran hutan dan lahan di Pulau Rupat, Bengkalis dan Kota Dumai.

Kepala Bidang Humas Polda Riau, Kombes Pol Sunarto kepada Antara di Pekanbaru, Sabtu mengatakan ratusan personel Brimob berikut perlengkapan pemadaman tersebut berasal terdiri dari satu satuan setingkat kompi (SSK) A Markas Pekanbaru dan satu satuan setingkat pleton (SST) Yon B Rokan Hilir.

"Kita BKO kan satu SSK (dari Pekanbaru, lengkap dengan perlengkapan termasuk alat Damkar dan satu SST Yon B Rohil. Hari ini sudah mulai bertugas," katanya.

Baca juga: Pemadaman kebakaran lahan di Meranti terkendala air

Secara keseluruhan, total terdapat 130 personel Brimob yang dikerahkan membantu dan memaksimalkan upaya penanggulangan Karhutla di wilayah Rupat, Bengkalis.

Mereka semua akan bergabung bersama dengan ratusan prajurit Kostrad TNI bersama dengan Polres Bengkalis, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Manggala Agni serta masyarakat terus berjibaku memadamkan api di wilayah itu selama tiga pekan terakhir.

"Fokus pemadaman masih di wilayah Rupat dan Dumai. Dan Alhamdulillah hari ini laporan kondisi di lapangan sudah jauh membaik," ujarnya.

Lebih jauh, selain mengerahkan pasukan ke lokasi Karhutla, Sunarto mengatakan Polda Riau melalui Direktorat Reserse Kriminal Khusus juga turut membantu pengadaan mesin pemadam kebakaran portable.

Baca juga: Kebakaran Meranti menyebar cepat bakar kebun sagu warga

Sebanyak 10 unit mesin penyemprot air dengan kapasitas besar diserahkan ke Satgas Karhutla Riau. Sunarto menuturkan jika selama ini upaya penanggulangan kerap dihadapkan dengan minimnya keberadaan peralatan.

"Untuk itu, atas perintah Bapak Kapolda kita membantu menyerahkan mesin air portable ke Posko Karhutla. Selain itu, kami juga mengimbau kepada masyarakat untuk sama-sama antisipasi," ujarnya.

Baca juga: Bupati Siak diperintahkan Menkopolhukam maksimalkan pemadaman Karhutla