Ini pesan Kapolda Riau saat HUT Brimob Polri ke-78

id Brimob Polda Riau,Hut brimob

Ini pesan Kapolda Riau saat HUT Brimob Polri ke-78

Kapolda Riau Irjen Pol Mohammad Iqbal saat memimpin apel peringatan HUT Brimob ke-78 (ANTARA/Ho-Polda Riau)

Pekanbaru (ANTARA) - Kepala Polda Riau Irjen Pol Mohammad Iqbal memimpin Apel peringatan HUT ke-78 Korps Brimob Polri yang digelar di lapangan Mako Brimob Polda Riau, Kamis.

Irjen Mohammad Iqbal dalam arahannya, mengucapkan selamat ulang tahun ke-78 kepada seluruh keluarga besar Korps Brimob. Kapolda Riau berharap, Brimob Polri dapat terus menjadi pasukan elit kebanggaan Polri yang berkontribusi mewujudkan Indonesia maju.

“Salah satu pahlawan nasional yang juga bapak Brimob Polri yaitu Komjen Muhammad Yasin pernah berpesan kalau kita mengabdi, sejarah tak bisa dibohongi karena nanti yang akan membuktikan sejarah itu sendiri. Pesan tersebut tentu telah terbukti dimana kita dapat melihat sejarah panjang pengabdian korps Brimob Polri dalam mengawal perjuangan bangsa Indonesia,” sebutnya dalam kesempatannya.

Irjen Iqbal menyebutkan, Korps Brimob berawal dari terbentuknya Tokubetsu Keisatsutai yang berubah menjadi polisi istimewa, yang secara heroik terlibat dalam berbagai pertempuran merebut kemerdekaan.

“Selanjutnya polisi istimewa dilebur dan berubah menjadi mobile brigade pada 14 November 1946 dan akhirnya ditetapkan sebagai hari jadi Korps Brimob Polri,” sebut Iqbal.

Kapolda Riau menuturkan, sepak terjang korps Brimob Polri tidak dapat diragukan dalam penanggulangan kejahatan berintensitas tinggi dan mengamankan berbagai program pemerintah.

“Oleh sebab itu sepanjang 2021, Polri telah memberikan berbagai penghargaan antara lain 46 kenaikan pangkat luar biasa, 16 promosi pendidikan, 102 pin emas, dan 8 piagam penghargaan,” tambahnya.