Bupati Siak diperintahkan Menkopolhukam maksimalkan pemadaman Karhutla

id siak, karhutla

Bupati Siak diperintahkan Menkopolhukam maksimalkan pemadaman Karhutla

Wiranto berjabattangan dengan Plt Bupati Siak Alferdi dan sejumlah pejabat lainnya. (dok Pribadi/19)

Siak (ANTARA) - Siak (Antaranews Riau) - Pelaksana Tugas Bupati Siak Alfedri mengikuti Rakornas yang digelar oleh Direktorat Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum (Dirjen Polpum) Kementerian Dalam Negeri. Acara ini dibuka sekaligus diberi pengarahan oleh Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan, Wiranto di Hotel Golden View, Kota Batam, Kamis (28/2).

Beliau mengatakan sukses pelaksanaan Pemilu 2019 akan ditentukan oleh banyak faktor, di antaranya kesiapan dari penyelenggara pemilu, pemerintah dan pemerintah daerah, dan kesiapsiagaan dari aparat keamanan dalam mengantisipasi berbagai potensi kerawanan pemilu.

Pada kegiatan bersamaan, di sela-sela rakornas, gubernur dan bupati/walikota wilayah Riau dipanggil rapat bersama Menkopulhukam terkait masalah kebakaran hutan dan lahan daerah setempat.

Plt Bupati Siak yang juga termasuk di dalamnya mengatakan Menkopolhukam memberi perhatian mengenai beberapa titik api di Wilayah Provinsi Riau.

Dalam kesempatan itu juga, Gubernur Riau Syamsuar memberi laporan terkait beberapa titik api di Wilayah Dumai, Siak, dan Bengkalis.

Saat ini masih dilakukan upaya pemadaman api melalui bom air dan hujan buatan untuk wilayah Pulau Rupat.

"Pak Menteri memerintahkan kepala daerah masing-masing agar berupaya melakukan pemadaman semaksimal mungkin karena nanti akan ada kunjungan presiden.

Masing-masing kepala daerah agar selalu mengingatkan masyarakat untuk tidak melakukan pembakaran saat membuka lahan baik itu yang disengaja atau yang tidak sengaja," ujarnya.

Hadir pula dalam kegiatan ini, para Gubernur se-Sumatera, Bupati, Walikota, Kesbangpol Provinsi, Kabid Poldagri, Kabid Wasnas, unsur Forkopimda provinsi dan kabupaten/kota beserta tamu undangan lainnya. (adv)