Cetak Rekor Muri, 54.000 Milenial Semarak Kampanye Lalulintas Polda Riau

id Polda Riau, Milenial, Riau, Gubernur Riau,kampanye milenial safety festival 2019

Cetak Rekor Muri, 54.000 Milenial Semarak Kampanye Lalulintas Polda Riau

Millenial Road Safety Festival 2019 di Kota Pekanbaru, Riau, Ahad (24/2/2019). (Antaranews/Anggi Romadhoni)

Pekanbaru, (Antaranews Riau) - Lebih dari 54.000 siswa sekolah hingga mahasiswa atau yang kini kerap disebut kalangan "milenial", menjadi bagian kampanye keselamatan berkendara Millenial Road Safety Festival 2019, dan berhasil memecahkan rekor peserta terbanyak se-Indonesia dari Museum Rekor Indonesia (MURI).

Millenial Road Safety Festival (MRSF) 2019 diselenggarakan Kepolisian Daerah Riau di halaman Kantor Gubernur Riau, Jalan Jenderal Sudirman, Kota Pekanbaru, Minggu pagi. MURI mencatat sebanyak 54.127 peserta mengikuti kegiatan itu, dan menjadi kampanye tertib lalu lintas yang terbanyak se-Indonesia.

"Rekor MURI tadi tentu sudah melalui penelitian. Alhamdulillah posisi (peserta) sekarang 54.000 lebih kaum milenial yang bisa hadir dan berkumpul di Kantor Gubernur ini," kata Kapolda Riau Irjen Pol Widodo Eko Prihastopo kepada Antara.

Baca juga: Milenial Pekanbaru Melek Pasar Aset Digital

Widodo menyebut bahwa angka itu sangat menggembirakan, dan dia berharap menjadi awal baik untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas. Dia mengatakan bahwa sepanjang 2018 lalu, tercatat lebih dari 1.675 kasus kecelakaan, dengan 798 korban meninggal dunia.

"Selain itu, sebanyak 583 korban mengalami luka berat. Mayoritas mereka yang menjadi korban ini adalah kaum milenial," urainya.

Millenial Road Safety Festival 2019 di Kota Pekanbaru, Riau, Ahad (24/2/2019). (Antaranews/Anggi Romadhoni)


Untuk itu, Polri menilai sangat penting melakukan kampanye tertib lalu lintas dengan tujuan menekan angka kecelakaan yang tergolong tinggi tersebut.

"Mudah-mudahan ke depan bisa menekan angka kecelakaan," ujarnya.

Gubernur Riau Syamsuar yang turut hadir dalam kampanye keselamatan berlalu lintas akbar itu menyambut baik upaya Polda Riau menyelenggarakan kegiatan tersebut.

"Mereka adalah calon pemimpin masa depan bangsa. Terima kasih kepada Polda Riau yang telah menyelenggarakan acara ini. Ke depan kita juga akan menginisiasi kegiatans serupa dengan tujuan menekan angka Karhutla, terutama generasi muda," kata Syamsuar.

Rangkaian kegiatan dalam MRSF yakni Deklarasi Keselamatan, pemutaran pesan keselamatan berlalu lintas dari Presiden Joko Widodo, jalan sehat berhadiah dan senam kolosal milenial.

Pantauan Antara, kegiatan yang juga dilakukan di berbagai Provinsi lainnya di Indonesia itu berlangsung meriah. Puluhan ribu peserta dengan berpakaian putih semarak mengikuti kampanye keselamatan terbesar yang pernah diselenggarakan di Bumi Lancang Kuning itu.

Baca juga: Songsong Revolusi Industri 4.0, Syamsuar ingin milenial Riau garap ekonomi syariah

Baca juga: Menristekdikti: Teknologi Pulp dan Kertas Prodi "Milenial"