Terima Sebanyak 243 CPNS, Kemenag Riau Matangkan Persiapan

id terima sebanyak, 243 cpns, kemenag riau, matangkan persiapan

Terima Sebanyak 243 CPNS, Kemenag Riau Matangkan Persiapan

Istimewa

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Riau menggelar rapat teknis penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil 2018 untuk mematangkan berbagai persiapan dalam proses pendaftaran 243 CPNS di lingkup Kemenag itu.

"Untuk mendukung kelancaran penerimaan CPNS tahun 2018 tersebut, dibentuk tim teknis mengurus penerimaan berkas, tim verifikasi bahan, verfikasi online, pelaksanaan ujian dan tim pemberkasan bahan bagi nanti yang dinyatakan lulus," kata Kepala Kanwil Kemenag Riau, Ahmad Supardi Hasibuan di Pekanbaru, Senin.

Menurut Mahyudin, dalam rapat teknis itu juga disusun agenda jadwal seleksi administratif, seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dengan menggunakan Computer Assisted Test (CAT), seleksi Kompetensi Bidang (SKB) dan lain lain.

Khusus untuk Kanwil test CAT, katanya menyebutkan, akan digelar di BKN regional XII Pekanbaru dan Dumai. Sementara untuk SKD dibagi lagi menjadi tiga tes yakni tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensi Umum (TWU), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP).

"Untuk tahun ini Kemenag Riau mendapat 243 formasi yang ada tersebar di seluruh satuan kerja, dengan 231 formasi guru, empat untuk penghulu, seorang untuk penyuluh, dua orang untuk Subbag TU daerah, tiga orang untuk Kanwil," katanya.

Ia menyebutkan, tahun sebelumnya tidak mendapat formasi. Waktu itu dirinya berdinas di Rohul dari 32 yang terisi hanya 30. Sementara itu jatah Riau boleh orang lain yang mendaftar, bahkan di Jawa Timur mendaftar grade-nya yang tidak cukup, yang diumpamakan 7, dia hanya memperoleh 6,8.

Berikutnya Jawa Timur, grade-nya memang 7, nilainya 8 ada 10 orang formasinya, ada 2 orang itu bisa mendaftar di daerah manapun.

"Harapan kita tentu masyarakat Riau, sudah ada porsi di sana jangan ambil porsi di sini. Tapi ini kebijakan nasional, dimanapun sekarang bisa mendaftar. Kita berdoa kepada Allah SWT, mudah-mudahan 243 bisa terisi seluruhnya oleh orang Riau," katanya.

Kabag TU Kanwil Kemenag Riau, H Mahyudin MA mengatakan usulan formasi dibutuhkan awalnya untuk tenaga pendidik sebanyak 300 orang namun yang disetujui untuk 243 itu. Alhamdulillah kalau rata-rata nasional, Riau termasuk yang terbanyak dibandingkan dengan yang lain.

Untuk tingkat nasional, Kemenag RI membuka seleksi CPNS untuk 17.175 formasi yang tersebar di 134 satuan kerja, pusat hingga daerah. Uniknya jumlah ini adalah yang terbesar dibanding formasi pada jajaran Kementerian dan lembaga negara lainnya.