Terbakar lagi 50 Hektare, Satgas Kembali Lakukan Pemadaman di Tanah Putih Rohil

id terbakar lagi, 50 hektare, satgas kembali, lakukan pemadaman, di tanah, putih rohil

Terbakar lagi 50 Hektare, Satgas Kembali Lakukan Pemadaman di Tanah Putih Rohil

Dedi Dahmudi

Rokan Hilir, (Antarariau.com) - Tim Satgas kebakaran lahan dan hutan Kabupaten Rokan Hilir (Rohil), Riau kembali melakukan pemadaman kebakaran lahan gambut yang terjadi di Jalan Koperasi RT 02/ RW 03 Dusun Rokan Jaya, Kepenghuluan Mumugo, Kecamatan Tanah Putih.

"Lahan yang terbakar kali ini seluas 50 hektare," ujar Waka Polres Rohil Kompol Wawan yang memimpin langsung pemadaman Karlahut didampingi Kabag Ops, Kasat Shabara dan Kapolsek Tanah Putih di Kecamatan Tanah Putih, Jumat.

Pemadaman karlahut, terangnya dimulai pukul 09.00 Wib dengan menurunkan kekuatan personel dari Polres Rohil berjumlah 20 personel dan Polsek Tanah Putih 29 personel.

Kemudian dibantu TNI sebanyak 10 personel, pihak kecamatan setempat 6 personel, masyarakat peduli api Manggala Agni 30 personel, PT. Arara Abadi 8 personel dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah Rohil 20 personel.

Dalam pemadaman tersebut, ujar Kompol Wawan peralatan yang digunakan yakni empat unit mesin air merk honda, dua unit mesin air merk sibahura dan dua unit mesin aiar merk mini stracker.

"Kondisi terakhir api berhasil dipadamkan dan hanya menyisakan titik asap. Apabila angin kencang tidak menutup kemungkinan api akan kembali menyala. Giat pemadaman dihentikan sekira pukul 17.00 Wib," ujar Kompol Wawan.

Sebelumnya pada Kamis (5/4) kemarin, Tim Satgas dari pihak Kepolisian, TNI, Masyarakat Peduli Api dan BPBD Rohil juga melakukan pemadaman Karlahut seluas 20 hektare dillokasi yang sama. ***2***