Gedung MPP Pekanbaru yang terbakar akan dibangun lagi

id Pemkot Pekanbaru bangun gedung, Gedung MPP Pekanbaru, MPP Pekanbaru terbakar, Pekanbaru

Gedung MPP Pekanbaru yang terbakar akan dibangun lagi

Ilustrasi - Kondisi gedung Utama MPP Pekanbaru yang terbakar pada 5 Maret 2023 tetap akan dibangun kembali oleh Pemkot Pekanbaru di sekitar bekas kebakaran itu. ANTARA/Annisa Firdausi

Pekanbaru (ANTARA) - Pemerintah Kota Pekanbaru menyatakan tetap akan membangun kembali gedung utama Mal Pelayanan Publik (MPP) yang terbakar pada Maret 2023.

"Pasacakebakaran di MPP Pekanbaru, Insya Allah akan dibangun lagi. Tetap dibangun gedung MPP baru di sekitar komplek itu," kata Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Pekanbaru, Akmal Khairi, Rabu.

Dirinya mengatakan keberadaan MPP itu harus mudah diakses oleh masyarakat. Maka dari itu posisi MPP Pekanbaru tidak ada perubahan karena tetap berada di tengah kota.

Meski begitu, ia mengaku pemerintah kota terkendala anggaran untuk membangun gedung baru MPP. "Kita tentu ingin secepatnya bisa dibangun gedung MPP baru, bahkan kalau bisa di tahun ini," ungkapnya.

Baca juga: Polisi belum pastikan korban jiwa di MPP Pekanbaru

Ada rencana lanjut dia gedung baru MPP Pekanbaru bakal berlantai tiga seperti gedung yang terbakar. Aktivitas MPP pun untuk sementara berada di Gedung C.

"Pasca kebakaran layanan kita pindah ke gedung C, ada 22 instansi membuka gerai di sana," jelasnya.

Akmal menyampaikan bahwa proses penyelidikan terhadap kebakaran gedung MPP Pekanbaru sudah tuntas. Ia menyebut saat ini tahap penghapusan aset terhadap gedung utama yang terbakar.

Sebelumnya Gedung MPP Pekanbaru hangus terbakar pada 5 Maret 2023. Lantai atas dan bawah serta ruangan pelayanan habis karena banyaknya material yang mudah terbakar seperti kayu.

Selain itu dipastikan sebagian arsip turut hangus dilahap si jago merah. Pemko tak sempat menyelamatkan arsip dan barang lainnya karena api dengan cepat menyebar

Baca juga: 19 instansi kembali buka layanan pascakebakaran gedung MPP Pekanbaru