19 instansi kembali buka layanan pascakebakaran gedung MPP Pekanbaru

id Layanan, Gedung MPP, Pekanbaru, kebakaran

19 instansi kembali buka layanan pascakebakaran gedung MPP Pekanbaru

Kondisi Gedung Utama MPP Pekanbaru usai kebakaran pada 5 Maret lalu. Saat ini sejumlah layanan pindah ke gedung di sebelahnya. (ANTARA/Tangkapan Layar)

Pekanbaru, (ANTARA) - Sebanyak19 instansi kembali membuka layanan di Mal Pelayanan Publik (MPP) Kota Pekanbaru, Provinsi Riau, tepatnya di Gedung C Komplek yang gedung utamanya terbakar pada 5 Maret 2023 lalu yang sempat membuat pelayanan lumpuh beberapa hari.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Pekanbaru Akmal Khairidi Pekanbaru, Senin, mengatakan pihaknya sudah berkoordinasi dengan seluruh instansi tersebut. Ia menyebut bahwa seluruh instansi tersebut berkomitmen untuk bergabung kembali dengan MPP.

"Alhamdulillah sudah bergabung 19 'tenant' di luar DMPTPSP itu sendiri," katanya.

Instansi tersebut di antaranya, Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan, Badan Pertanahan Nasional, Badan Pendapatan Daerah Provinsi Riau, Jasa Raharja dan Direktorat Lalu Lintas Kepolisian Daerah Riau. Ada juga Direktorat Jendral Pajak Wilayah Riau, Imigrasi Pekanbaru, lembaga Pengadaan Secara Elektronik (LPSE), Bapenda Kota Pekanbaru, Satpol PP Pekanbaru dan BPJS Ketenagakerjaan.

Lembaga tersebut kembali membuka layanan kepada masyarakat dengan sarana dan prasarana yang ada di gedung C MPP Pekanbaru. Ada juga dukungan sarana dan prasarana dari instansi bersangkutan yang membuka layanan kembali.

"Sembari kita menyiapkan sarana dan prasarana lebih lengkap ke depannya," terangnya.

Akmal berharap dengan bergabungnya 19 tenant tersebut akan ramai masyarakat yang mengakses layanan di MPP Pekanbaru. Itu untuk mengurus layanan perizinan dan non perizinan.

Sebelumnya Gedung MPP Pekanbaru hangus terbakar pada Minggu pagi (5/3).Lantai atas dan bawah serta ruangan pelayanan habis karena banyaknya material yang mudah terbakar seperti kayu.

Selain itu dipastikan sebagian arsip turut hangus dilahap si jago merah. Pemko tak sempat menyelamatkan arsip dan barang lainnya karena api dengan cepat menyebar.

Kebakaran di Ibu Kota Provinsi Riau itu sempat membuat macet di Jalan Jenderal Sudirman lantaran mondar-mandirnya mobil pemadam kebakaran yang melintas. Tak ada korban jiwa karena dalam kejadian ini karena memang sedang libur