Kuansing Bakal Miliki instalasi Pengolahan Lumpur Tinja yang Lengkap dan Modern

id kuansing bakal, miliki instalasi, pengolahan lumpur, tinja yang, lengkap dan modern

Kuansing Bakal Miliki instalasi Pengolahan Lumpur Tinja yang Lengkap dan Modern

Kuantan Singingi, (Antarariau.com) - Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Provinsi Riau bakal memiliki mesin pengelolaan limbah atau tinja, bantuan pemerintah pusat pada tahun ini.

" Proses sudah berjalan, hanya menunggu surat kesediaan dari Bupati," kata Kepala BPKAD Kuansing Hendra, AP melalui Kabid Aset Syafrianto di Teluk Kuantan, Kamis.

Ia mengatakan, Pada tahun anggaran 2018 ini rencananya akan dibangun instalasi Pengolahan Lumpur Tinja (PLT) lengkap dan modern berada di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sentajo Kecamatan Sentajo Raya, Kuantan Singingi, sementara dana pembangunan fisik berupa instalasi pabrik ini, bersumber dari dana APBN.

Pemerintah Pusat melalui Kementrian Pekerjaan Umum (PU) Direktorat Jenderal Cipta Karya, mengucurkan kegiatan program pembangunan PLT ini sebagai proses pengembangan sistem penyehatan lingkungan permukiman.

Masyarakat tidak perlu khawatir akan meluapnya tinja rumah tangga maupun umum kedepannya karena akan disedot serta dikelola dengan baik untuk dijadikan pupuk sebagai penyubur tanaman.

" Selain penyehatan lingkungan juga dapat membuka peluang kerja," sebutnya.

Namun sebelum dilakukan pembangunan PLT tersebut, perlu ada surat kesediaan penerimaan alat dari Pemkab Kuansing terlebih dahulu, ini dimaksudkan, supaya ada pemeliharaan aset yang diberikan Pemerintah Pusat kepada daerah, setelah dibangun tetap terawat dan terpelihara dengan baik.

Oleh karena itu, Pemkab Kuansing saat ini sedang mempersiapkan surat kesediaan menerima hibah, setelah itu baru dilakukan verifikasi, selanjutnya barulah dibangun PLT yang lengkap dengan sarana prasarananya.

" Kita yakin program ini merupakan keuntungan bagi Kuansing," tegasnya.

Masyarakat disemua kecamatan dapat hidup tenang, nyaman jika pabrik atau mesin pengolahan limbah berjalan baik, akan ada mobil khusus yang bakal antar jemput dan menyedot limbah warga maupun umum diseua daerah. *