Bupati sebut Festival Pacu Jalur 2024 bakal dibuka oleh wakil presiden terpilih

id Teluk Kuantan,Kuansing,Fpj, festival pacu jalur

Bupati sebut Festival Pacu Jalur 2024 bakal dibuka oleh wakil presiden terpilih

Festival Pacu Jalur di Kabupaten Kuantan Singingi pada tahun 2023. (ANTARA/Vera Lusiana)

Teluk Kuantan (ANTARA) - Bupati Kuantan SingingiSuhardiman Amby mengatakan, Festival Pacu Jalur (FPJ) tradisional akan digelar pada 21 Agustus 2024 mendatang di Tepian Narosa Kota Teluk Kuantan dan rencananya akan dihadiri oleh Wakil Presiden terpilih Gibran Raka Buming Raka dan sejumlah menteri.

Bupati Kuansing pada saat acara diskusi terkait persiapan FFJ 2024 bersama mitra kerja di Pekanbaru, Sabtu (11/5), meminta semua pihak mendukung prosesi seni budaya tersebut.

Kehadiran Wakil Presiden RI terpilih untuk melihat kemolekan budaya pacu jalur yang sudah ratusan tahun dilestarikan sehingga masyarakat dunia mengenal dan mengetahui FPJ Kuansing setiap tahun sukses digelar dengan ratusan ribu penonton.

"FPJ 2024, sangat diyakini akan lebih meriah dan mendunia," ujarnya.

FPJsudah lagi internasional tidak lagi nasional, sehingga wisatawan dunia akan hadir di Kuansing.

Pada 2023 lalu, FPJ masuk peringkat ke tujuh Karisma Event Nusantara (KEN). Jadi pada 2024 target Kuansing menjadi tiga besar nasional.

Momentum FPJ sebagai pariwisata nasional akan di promosi pada pertemuan 170 Konsulat Negara Asing di Bali.

"Pada saat itu, FPJ Kuansing akan dipromosi secara optimal, dengan harapan kunjungan wisatawan lebih besar," harapannya.

Dengan demikian, pada saat FPJ di Tepian Narosa Kota Teluk Kuantan 2024 membuat ekonomi dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) masyarakat Kuansing akan semakin meningkat.