Legislator Inhil Klaim Reklamasi Mampu Atasi Kerusakan Lahan Perkebunan

id legislator inhil, klaim reklamasi, mampu atasi, kerusakan lahan perkebunan

Legislator Inhil Klaim Reklamasi Mampu Atasi Kerusakan Lahan Perkebunan

Tembilahan, (Antarariau.com) - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Indragiri Hilir, Riau mengklaim reklamasi sungai mampu atasi kerusakan pada lahan perkebunan masyarakat di Inhil.

Menurut ketua Komisi II DPRD Kabupaten Inhil, Junaidi, reklamasi sungai akan dapat membantu mengatasi sedimentasi yang selama ini diasumsikan menjadi salah satu faktor penyebab kerusakan perkebunan masyarakat.

Penimbunan sebagian ruas aliran sungai mampu mengembalikan fungsi daerah aliran sungai dalam siklus pasang surut dan menahan debit air yang memuncak.

"Dan pada akhirnya, daerah aliran sungai akan berfungsi dengan baik sehingga sistem trio tata air yang dicanangkan di areal perkebunan akan berfungsi mengatur level tinggi permukaan air serta memberikan fungsi leaching bagi perbaikan PH tanah," ujar Junaidi di Tembilahan, Senin.

Junaidi mengatakan, Intrusi air laut dan sedimentasi yang menjadi persoalan kerusakan lahan perkebunan kelapa masyarakat Inhil, memang memerlukan sebuah tindakan yang komprehensif. Pasalnya jika dibiarkan kerusakan tersebut akan semakin berat.

Alasan lain yang menuntut pemerintah untuk mengambil tindakan tepat atas persoalan ini karena sebagian besar ekonomi masyarakat Inhil bergantung pada sektor perkebunan kelapa. Rusaknya lahan perkebunan masyarakat akan berdampak pada produktivitas kelapa itu sendiri, jika produktivitas kelapa menurun maka secara otomatis perekonomian masyarakat Inhil juga akan menurun.

Untuk itulah pemerintah daerah sudah seharusnya mengambil tindakakan berupa reklamasi sungai guna menangani masalah yang ada.

"Permukaan air sungai Indragiri Hilir akibat sedimentasi memiliki dampak negatif lainnya. Dangkalnya sungai dan daratan yang dipersempit oleh erosi perlu solusi, yaitu melalui reklamasi sungai," ucapnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, reklamasi sungai juga dapat memperkecil debit air yang masuk dan melimpah.

Reklamasi sungai pada daerah aliran sungai ini adalah langkah antisipatif atas kerusakan lahan perkebunan akibat terendam air," tutur Junaidi.(adv)