Legislator minta Pemrov Riau cari solusi atasi penurunan harga kelapa di Inhil

id Suhaidi, pemrov riau, anggota dprd riau, harga kelapa di inhil anjlok

Legislator minta Pemrov Riau cari solusi atasi  penurunan harga kelapa di Inhil

Anggota DPRD Provinsi Riau Suhaidi. (ANTARA/

Tembilahan (ANTARA) - Anggota DPRD Provinsi RiauSuhaidi meminta Pemerintah Provinsi mencarikan solusi untuk mengatasi persoalan anjloknya harga kelapa di Kabupaten Indragiri Hilir.

“Roda perekonomian masyarakat Inhil sangat tergantung dengan sektor pertanian. Ketika harga komoditas anjlok di pasaran, makanya imbasnya sangat dirasakan oleh masyarakat," ucap Suhaidi, Selasa.

Politisi Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) itu mengatakan, anjloknya harga komoditas pertanian dan perkebunan sudah berlangsung sekian lama.

Persoalan itu harus menjadi perhatian banyak pihak, tidak terkecuali oleh Pemerintah Provinsi Riau. Apalagi hampir 80 persen masyarakat Inhil bergantung dari hasil pertanian dan perkebunan di Inhil, seperti kelapa, pinang dan lainnya.

"Ditambah lagi saat ini sudah terjadi kenaikan BBM yang berimbas kepada peningkatan biaya hidup masyarakat. Kalau biaya komunitas pertanian dan perkebunan terus anjlok, bagaimana masyarakat bisa memenuhi kebutuhan hidupnya," tambahnya.

Suhaidi menambahkan, persoalan lainnya yang menimpa masyarakat Inhil adalah produktivitas pertanian dan perkebunan yang terus menurun. Hal itu disebabkan banyak hal, salah satunya kondisi lahan pertanian dan perkebunan yang sudah kritis karena teriakan usia.

Hal lainnya yang menjadikan lahan kritis dikarenakan intrusi air laut yang menggenangi lahan pertanian dan perkebunan masyarakat. Untuk itu perlu pembangunan tanggul yang lebih luas dalam rangka mengatasi persoalan tersebut

"Pemrov Riau diharapkan memberikan perhatian lebih untuk pembangunan tanggul di Inhil. Kalau tidak, Inhil yang dikenal sebagai negeri hamparan kelapa, nanti bisa hilang, akibat hancurnya lahan pertanian dan perkebunan dikarenakan pengaruh intrusi air laut yang mengenangi lahan perkebunan dan pertanian,"tambahnya.