Polair Masih Periksa Kapal Roro Bengkalis, Penumpang Terpaksa Menunggu Berjam-Jam

id polair masih, periksa kapal, roro bengkalis, penumpang terpaksa, menunggu berjam-jam

Polair Masih Periksa Kapal Roro Bengkalis, Penumpang Terpaksa Menunggu Berjam-Jam

Bengkalis, (Antarariau.com)- Pemeriksaan yang dilakukan oleh Polair Polres Bengkalis, Riau terhadap empat kapal roro yang melayani Air Putih- Pakning berdampak pada pelayanan penyeberangan hari ini, Kamis.

Dari pemeriksaan yang dilakukan sejak Rabu malam hingga hari ini, hanya ada dua unit kapal yang bisa melayani penyeberangan, sedangkan dua unit kapal masih sedang dalam pemeriksaan.

"Kita ada empat unit kapal, dan dua sudah bisa beroperasi," kata Kepala Bidang Pelayaran Dinas Perhubungan Bengkalis, Zul Asri di Bengkalis, Kamis.

Dia mengatakan, dua unit kapal belum bisa beroperasi karena masih dilakukan pemeriksaan dokumen kapal.

Terkait pemeriksaan yang dilakukan tersebut, membuat pelayanan di penyeberangan roro Pakning Bengkalis terkendala.

Sejumlah pengguna jasa penyeberangan mulai mengeluhkan atas kejadian tersebut, hal ini disebabkan dua kapal roro tidak beroperasi karena masih dalam pemeriksaan kelengkapan dokumen kapal oleh SatPolair Polres Bengkalis.

"Kalau dua kapal yang beroperasi tentu akan terjadi antrian kendaraan, kenapa sekarang baru dicek kelengkapan kapal, kenapa tidak dari dahulu. Dampaknya kepada kita sebagai pengguna jasa penyeberangan yang harus menunggu berjam-jam untuk bisa menyeberang," keluh Amri salah seorang pengguna jasa penyeberangan.

Seharusnya kata Amri, pengecekan dokumen kapal ini jangan sampai mengganggu kepada masyarakat sebagai pengguna jasa penyeberangan.

"Kalau memang tidak lengkap dokumennya kenapa selama ini kapal bisa beroperasi, seharusnya pihak terkait harus jeli terlebih dahulu dalam melakukan pengecekan dokumen kapal," katanya.

Sementara Kapolres Bengkalis, AKBP Abas Basuni menyebutkan bahwa, pemeriksaan terhadap seluruh kapal roro yang ada saat ini dalam rangka melakukan pengecekan terhadap kelengkapan dokumen kapal dan yang paling utama dalam rangka upaya keselamatan selama berlayar.

"Pemeriksaan ini kita lakukan dalam rangka upaya menjaga keselamatan kapal dalam berlayar, apakah sudah sesuai dengan aturan yang ada saat ini," kata Kapolres di Bengkalis.

Dia mengatakan bahwa pihaknya juga telah melakukan koordinasi dengan Kantor Kesyahbandaran Otoritas Pelabuhan (KSOP) Bengkalis, dalam rangka pengecekan dokumen kapal roro yang ada. ***3***