Polair Periksa Kapal-Kapal Roro di Perairan Bengkalis, Ada Apa ya?

id polair periksa, kapal-kapal roro, di perairan, bengkalis ada, apa ya

Polair Periksa Kapal-Kapal Roro di Perairan Bengkalis, Ada Apa ya?

Bengkali (Antarariau.com)- Satuan Polisi Air Polres Bengkalis, Provinsi Riau lakukan pemeriksaan terhadap kelengkapan dokumen dan kru kapal roro yang saat ini beroperasi di perairan Bengkalis, Rabu Sore. Pemeriksaan yang sempat membuat pelayaran ditunda tersebut dalam upaya penertiban dan menjaga keselamatan dalam berlayar.

Kapolres Bengkalis AKBP Abas Basuni ketika dikonfirmasi, mengatakan bahwa pemeriksaan terhadap seluruh kapal roro yang ada saat ini dalam rangka melakukan pengecekan terhadap kelengkapan dokumen kapal dan yang paling utama dalam rangka upaya keselamatan selama berlayar.

"Pemeriksaan ini kita lakukan dalam rangka upaya menjaga keselamatan kapal dalam berlayar, apakah sudah sesuai dengan aturan yang ada saat ini," kata Kapolres di Bengkalis Rabu malam.

Dia mengatakan bahwa, pihaknya juga melakukan koordinasi dengan Kantor Kesyahbandaran Otoritas Pelabuhan (KSOP) di Sungai Pakning, dalam rangka pengecekan dokumen kapal roro yang ada.

Dari pengecekan tersebut, lanjutnya lagi, ada beberpapa kapal yang tidak lengkap memilki dokumen dan saat ini masih dalam pemeriksaan.

"Selain dokumen kapal, pengecekan kita lakukan terhadap kru kapal yang ada, apakah sertifikat yang mereka milki sesuai dengan dengan jabatan yang mereka pegang dikapal tersebut," kata Kapolres lagi.

Ketika ditanya apakah ada upaya juga untuk melakukan tes urine dengan pihak kapal, Kapolres mengatakan bahwa berkemungkinan ada hal tersebut akan dilakukan nantinya, dan ia berkoordinasi dengan instansi terkait.

"Mungkin kearah tersebut akan kita lakukan nantinya dengan melibatkan instansi terkait, hal ini tentu semata kita lakukan agar selama berlayar pihak kapal mengutamakan keselamatan dan mengikuti aturan yang telah ada saat ini," jelas Kapolres. ***3***