Fisik Proyek KUA Riau Rampung 100 Persen

id fisik proyek, kua riau, rampung 100 persen

Fisik Proyek KUA Riau Rampung 100 Persen

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Pengerjaan fisik sebanyak tiga unit Kantor Urusan Agama (KUA) dan Manasik Haji di Riau kini rampung 100 persen, dan bisa dimanfaatkan segera untuk meningkatkan kualitas pelayanan pada masyarakat.

"Kini fisik proyek kantor KUA itu sudah rampung dan tinggal hanya pembersihan lahan dan penyelesaian akhirnya, diharapkan jelang 31 Desember ini sudah dapat dituntaskan oleh kontraktor," kata Kepala Kanwil Kemenag Riau, Ahmad Supardi Hasibuan di Pekanbaru, Kamis.

Menurut dia, memang ada beberapa hal yang harus menjadi perhatian, antara lain masih ditemukan beberapa item yang tidak sinkron dengan gambar dengan Rencana Anggaran Biaya (RAB) kantor KUA itu.

Ia menyebutkan, seperti akses jalan masuk ke kantor KUA itu belum tersedianya jembatan, kendati memang dalam rencana awalnya di RAB tidak masuk.

"Oleh karena itu pada tahun 2018 diharapkan sudah dipersiapkan akses jalan tersebut termasuk untuk kawasan parkirnya. Artinya pada tahun 2018 kelengkapan seperti ini sudah bisa terakomodir dengan baik sehingga dana SBSN ini bisa direalisasikan secara maksimal," katanya.

Ahmad Supardi menjelaskan pembangunan fisik proyek 3 unit KUA itu tersebar dua unit di Kabupaten Bengkalis dan 1 unit di Rengat Kabupaten Inderagiri Hulu.

Keberadaan KUA itu ke depan bisa dijadikan model sekaligus menjadi rujukan percepatan rencana pembangunan 8 unit kantor KUA lagi pada tahun 2018.

"Setelah selesainya pembangunan KUA maka perlu memanfaatkan kantor yang cukup megah ini yang diisi oleh SDM yang cukup dna jika perlu pengawas juga bisa menempati kantor ini untuk dapat melaksanakan tugas dan pengawasan pada madrasah lebih baik lagi," katanya.

Kabid Urais Kanwil Kemenag Riau, H Irhas menjelaskan pembangunan gedung balai nikah dan manasik haji itu merupakan proyek yang dibiayai dari Surat Berharga Syariah negara (SBSN) dimana terdapat perjanjian yang harus disepakati antara berbagai pihak.

Karena itu, keberadaan kantor balai nikah dan manasik haji pada dua Kabupaten dan tiga kecamatan di kabupaten Bengkalis ini, maka diharapkan dapat memotivasi peeningkatan kinerja, sekaligus menjadi kebanggaan ASN Kemenag dalam upaya mendorong pembinaan dan pembangunan umat.

"Insya Allah pada thaun 2018, Riau mendapat 8 unit proyek SBSN lagi yang akan dibangun untuk gedung KUA di Kabupaten Inhil sebanyak dua kecamatan, di Inhu 2 Kecamatan, Pelelawan 1 Kecamatan, dan 1 unit KUA pada satu Kecamatan di Kota Dumai," katanya.