Pemkab Meranti Peruntukan Bantuan Ambulan Dari Jepang Kepada Pasien Rujukan

id pemkab meranti, peruntukan bantuan, ambulan dari, jepang kepada, pasien rujukan

Pemkab Meranti Peruntukan Bantuan Ambulan Dari Jepang Kepada Pasien Rujukan

Selatpanjang (Antarariau.com) - Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti menetapkan peruntukan ambulan bantuan hibah dari Negara Jepang untuk melayani pasien rujukan Selatpanjang ke Rumah Sakit Pekanbaru.

"Ambulan akan diparkirkan di Pelabuhan Boton, Siak nantinya diperuntukan membawa pasien rujukan dari Selatpanjang ke Pekanbaru, " kata Bupati Kepulauan Meranti Irwan di Selatpanjang, Rabu.

Menurut Irwan mobil ambulan bantuan Toyota Jepang yang akan diterima oleh Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti merupakan angkutan pasien tercanggih ukuran besar dapat langsung menjadi ruang operasi.

"Ambulan bantuan Jepang, berukuran besar dan cukup canggih karena di dalamnya bisa dilakukan operasi," terang dia.

Lebih jauh dikatakan Bupati, penempatan ambulan di Buton, dengan pertimbangan banyaknya masyarakat yang dirujuk ke Pekanbaru, dan kondisi jalan banyak yang rusak. Jika hanya mengharapkan mobil yang standar sangat merepotkan pasien dan bisa berbahaya.

"Jika menggunakan ambulan standar yang memang sudah kita tempatkan di Buton cukup susah karena kondisi jalan banyak yang rusak, tapi dengan menggunakan ini diharapkan dapat mengatasi hal itu," jelas Bupati.

Selain itu sebut dia diharapkan nantinya ambulan ini akan mampu mempermudah pelayanan kesehatan warga masyarakat Meranti untuk cepat mendapat pertolongan lebih ke RS rujukan. Sehingga bisa menekan kehilangan jiwa akibat terlambatnya penanganan.

"Ambulan ini akan disalurkan oleh Kementerian Dalam Negeri bekerjasama dengan Asosiasi Pemerintah Kabupaten Se-Indonesia (APKASI) dan Meranti menjadi salah satu Kabupaten penerimanya," pungkasnya.

Sebelumnya diberitakan Wakil Ketua APKASI dan 11 Bupati lainnya Se-Indonesia, menandatangani MoU dengan Toyota Jepang terkait penyerahan bantuan kendaraan operatioanal Ambulan dan mobil Pemadam Kebakaran, bertempat di Kawasan Industri Toyota, di Ehime Jepang.

Dalam MoU itu, Kepulauan Meranti mendapat bantuan mobil operasional ambulan dan Pemadam Kebakaran yang merupakan mobil canggih keluaran terbaru Toyota Jepang.

Dipilihnya Meranti sebagai penerima mobil operasional tersebut, karena Pemda Kepulauan Meranti dinilai sebagai Kabupaten yang dengan sungguh-sungguh mengalokasikan anggarannya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.