262 Orang Lulus Terpilih Bintara di Riau, Terbanyak dari Pekanbaru

id 262 orang, lulus terpilih, bintara di, riau terbanyak, dari pekanbaru

262 Orang Lulus Terpilih Bintara di Riau, Terbanyak dari Pekanbaru

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Sebanyak 262 orang peserta dinyatakan lulus terpilih untuk menjadi Bintara Umum dan Teknologi Informasi dalam seleksi yang dilaksanakan di Wilayah Hukum Kepolisian Daerah Riau.

"Yang lulus terpilih 252 untuk Bintara Umum terdiri dari 240 pria dan 12 wanita. 10 untuk Bintara Teknologi Informasi sembilan pria dan satu wanita," kata Kapolda Riau, Irjen Pol Zulkarnain dalam sidang penetapan kelulusan di Pekanbaru, Sabtu.

Dia mengatakan awalnya peserta yang mendaftar untuk Bintara Umum sebanyak 2658 terdiri dari 2264 pria dan 394 wanita. Sedangkan untuk Bintara TI yang mendaftar ada 601 terdiri dari 350 pria dan 251 wanita.

Lalu setelah diproses melalui berbagai tes maka dinyatakan lulus untuk Bintara Umum 380 terdiri dari 356 pria dan 24 wanita. Sementara yang lulus untuk TI ada 16 terdiri dari 14 pria dan 2 wanita.

"Tapi karena adanya keterbatasan kuota maka yang lulus terpilih ada 262 itu," ujar kapolda.

Dikatakan kapolda bahwa lulus terpilih itu berdasarkan ranking, lalu juga ada kuota 10 persen untuk pulau terluar yakni di Pulau Rupat, Bengkalis, dan Rangsang jika pendaftar teroenuhi. Lalu ada juga untuk kuota "Talent Scouting" atau yang memiliki bakat khusus.

Berdasarkan asal kabupaten/kota mendaftar, untuk Bintara Umum Kota Pekanbaru memiliki jumlah Bintara lulus terpilih terbanyak. Ada total 74 yang terpilih dan enam diantaranya adalah bakat khusus.

Terbanyak lainnya ada Kabupaten Siak sebanyak 21 yang lulus dengan satu terpilih karena bakat khusus. Selanjutnya masing-masing di Kabupaten Kampar dan Rokan Hilir sebanyak 20 orang.

Sedangkan yang paling sedikit jumlah lulus berdasarkan asal mendaftar yakni Kabupaten Kepulauan Meranti. Hanya ada tujuh dan satu diantaranya jatah pulau terluar.***4***