Setya Novanto Nilai Peluang Petahana Dalam Pilgub Riau Cukup Besar

id setya novanto, nilai peluang, petahana dalam, pilgub riau, cukup besar

Setya Novanto Nilai Peluang Petahana Dalam Pilgub Riau Cukup Besar

Dumai (Antarariau.com) - Ketua Umum Partai Golkar Setya Novanto memberi sinyal bahwa peluang Arsyadjuliandi (Andi) Rachman selaku petahana pada Pemilihan Gubernur Riau 2018 sangat besar untuk mendapat dukungan dari pimpinan pusat partai berlambang beringin itu.

"Peluang Pak Andi besar untuk dapat dukungan," kata Setya Novanto kepada Antara saat Safari Ramadan Partai Golkar di Kota Dumai, Riau, Minggu.

Setya Novanto memberikan sinyal dukungan tersebut dikarenakan Andi Rachman selaku petahana yang juga juga menjabat Ketua DPD Partai Golkar Riau, memiliki loyalitas terhadap partai dan salah satu kader Golkar yang hingga kini bersih dari korupsi. Meski begitu, ia mengatakan DPP Golkar memang belum secara resmi mengumumkan dukungan kepada Andi Rachman.

"Bulan depan kita akan sudah putuskan. Dan kita tetap mengutamakan kader partai," katanya.

Setya mengatakan, Partai Golkar sangat hati-hati dan jeli dalam memberikan dukungan, salah satu parameternya adalah hasil survei internal terhadap kader Golkar maupun non-kader untuk bisa diusung pada Pilkada serentak 2018.

Menurut dia, cara tersebut sudah membuahkan hasil maksimal dari 101 Pilkada yang digelar pada 2016/2017, Golkar mendapat urutan pertama karena semua calon yang diusungnya rata-rata menang.

Sedangkan untuk 171 Pilkada serentak pada 2018, ia mengatakan Golkar bisa mengusung satu calon tanpa koalisi di 29 daerah termasuk di Provinsi Riau. Namun, Setya meningatkan bagi pengurus untuk tetap bekerja sama dan berkoalisi di partai lain di Riau.

Setya menargetkan calon yang diusung Golkar bisa memenangi Pemilihan Gubernur 2018, karena kemenangan itu akan sangat strategis mengingat Riau selama ini adalah basis suara Golkar. Kemenangan tersebut dinilainya bakal membantu perolehan suara pada Pemilu 2019.

"Syaratnya calon dari Golkar harus dari hasil survei. Kalau survei tidak baik hasilnya, maka tidak akan jadi pertimbangan DPP Golkar," tegasnya.

Selama Safari Ramadan di Dumai, Setya Novanto terlihat mengetes popularitas Andi Rachman di tengah masyarakat. Ketika meninjau pelabuhan Pelindo Dumai dan penyerahan santunan untuk anak yatim di Kantor DPD II Golkar Dumai, Setya selalu menanyakan kepada warga apakah mengenal sosok Andi Rachman selaku gubernur petahana.

Hasilnya terlihat tidak mengecewakan karena dari empat orang penumpang di Pelabuhan Pelindo Dumai, hanya satu orang yang tidak kenal dengan Andi Rachman. Pada saat penyerahan santunan kepada 500 anak yatim piatu, Setya meminta doa khusus dari anak yatim agar Partai Golkar bisa menang pada Pilkada 2018 dan Pemilu 2019.

"Mohon doanya dari anak-anak yatim piatu karena doa mereka Insha Allah dikabulkan, tolong doakan mudah-mudahan Golkar menang di Riau 2018 nanti," harap Setya Novanto.

Sinyal dukungan DPP Golkar untuk Andi Rachman kembali diutarakan Setya Novanto lagi saat melanjutkan peninjauan ke Kabupaten Rokan Hilir, untuk menghadiri Festival Bakar Tongkang. Sebelum mengikut festival, para pengurus DPD II Golkar kabupaten/kota di Riau sempat

menyerahkan surat dukungan untuk Andi Rachman untuk maju di Pilgub Riau 2018.

Surat dukungan itu diserahkan oleh Ketua DPD Partai Golkar Rokan Hilir, Nasrudin Hasan kepada Setya Novanto.

"Surat dukungan ini menjadi salah satu pertimbangan DPP dalam memutuskan dukungan untuk Pilkada Riau," katanya.

Pewarta :
Editor: Febrianto Budi Anggoro
COPYRIGHT © ANTARA 2017