Riau Disebut Sebagai Daerah Investasi Terbaik Di Sumatera, Ini Alasannya

id riau disebut, sebagai daerah, investasi terbaik, di sumatera, ini alasannya

Riau Disebut Sebagai Daerah Investasi Terbaik Di Sumatera, Ini Alasannya

Pekanbaru (Antarariau.com) - Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman, menyebutkan berdasarkan penilaian Badan Koordinasi Pengembangan Modal Pusat, Provinsi Riau merupakan daerah investasi terbaik yang menduduki peringkat pertama di wilayah Sumatera dan ketujuh di skala nasional.

"Selain itu, Bursa Efek Indonesia (BEI) Perwakilan Riau juga mencatat bahwa Kota Pekanbaru berpotensi sebagai sentral pertumbuhan investor terkait tingginya minat menanamkan modalnya dari berbagai kalangan," kata Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman di Pekanbaru, Jumat.

Saat ini, sebutnya, sedikitnya terdapat 250 investor yang terdiri dari kalangan dosen maupun mahasiswa yang tergabung dalam galeri investasi syariah atas kerja sama dengan Universitas Islam.

"Disamping itu, potensi ini juga didukung oleh jumlah penduduk Kota Pekanbaru yang mencapai 1 juta jiwa," ucapnya.

Namun, lanjutnya potensi yang besar ini belum sebanding dengan literasi atau tingkat pengetahuan publik mengenai pasar modal.

"Pengetahuan masyarakat tentang investasi dan pasar modal masih sangat terbatas, sehingga sebagian besar masyarakatnya tidak memahami jenis investasi dan oleh sebab itu pula kedepan kami terus berupaya meningkatkan literasi dengan mempercepat penyebaran informasi," paparnya.

Selain literasi, lanjutnya, tantangan terberat dibidang investasi saat ini adalah bagaimana dapat menumbuhkan minat dan meningkatkan kepercayaan investor untuk tetap dan terus berinvestasi di Provinsi Riau.

"Oleh karena itu, pelayanan dibidang investasi juga menjadi hal penting yang harus terus dilakukan oleh seluruh pihak terkait baik di tingkat Provinsi maupun di kabupaten/kota," ujarnya.

Disamping itu, Rencana Tata Ruang dan Wilayah (RTRW) Provinsi Riau yang belum disahkan juga menjadi pemicu lambannya laju investasi di Riau, karena untuk pengembangan daerah investasi, pijakan awal adalah Pengesahan RTRW Riau yang belum terealisasi hingga sekarang.

"Mudah-mudahan dalam waktu dekat ini RTRW Provinsi Riau dapat segera diselesaikan, dan proses investasi di Riau dapat direalisasikan," katanya.