Tingkatkan Pelayanan Kesehatan, Gubri Akan Benahi Semua Fasilitas Puskesmas

id tingkatkan pelayanan, kesehatan gubri, akan benahi, semua fasilitas puskesmas

Tingkatkan Pelayanan Kesehatan, Gubri Akan Benahi Semua Fasilitas Puskesmas

Pekanbaru (Antarariau.com) - Pemerintah Provinsi Riau akan membenahi semua fasilitas fisik maupun Sumber Daya Manusia Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) kabupaten/kota setempat, guna meningkatkan pelayanan kesehatan.

"Pemprov Riau akan sediakan dananya di Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah tiap tahun dan dilaksanakan oleh Dinkes," kata Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachmand di Pekanbaru, Senin.

Arsyadjuliandi Rachmand menilai sejak layanan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) berjalan dengan baik, kesadaran masyarakat untuk berobat itu semakin tinggi.

"Semuanya mengejar berobat ke Rumah Sakit Umum Arifin Achmad. Kita maklumi hal itu, mungkin karena pelayanan di Puskesmas sangat terbatas dan kurang nyaman," terang Andi sapaan pria paruh baya ini.

Andi juga menilai sekarang dengan dunia yang semakin moderen dan canggih, tentu masyarakat lebih cenderung cari tempat yang nyaman untuk berobat yaitu ke rumah sakit.

Akibatnya antrian bertambah, layananpun kurang memuaskan sehingga banyak yang komplain, kursi yang kurang, dokter kelelahan karena banyak pasien dan sebagainya,

"Makanya solusinya kita akan bagi pasien ini, tentunya kami akan perbaiki dulu Puskesmas yang ada di kabupaten/kota," terang dia.

Andi mengakui proses perbaikan Puskesmas ini sudah mulai dilakukan oleh pemprov pada APBD 2016, seperti yang baru-baru ini diresmikannya di Dumai.

"Ini sudah jalan saya lupa berapa nilainya, yang pasti dua minggu lalu saya sudah meresmikan puskesmas di Dumai, itu renovasi berat sehingga Puskesmasnya lebih baik dikelola dengan teknologi. Begitu mulai mendaftar data pasien sudah terkoneksi ke dokter juga ke tempat pengambilan obat," ungkapnya.

Ditanya biaya yang disediakan untuk perbaikan Puskesmas, Ia menambahkan pemprov juga sudah berupaya mewujudkan dengan meningkatkan anggaran kesehatan tiap tahunnya pada APBD.

"Yang jelas tiap tahun pemprov anggarkan 10 persen dari APBD untuk biaya fisik, peralatan, SDM dan teknologi. Kalau mau cepat tentu porsi ini akan kita tambah lagi, tetapi tergantung pembahasan di DPRD," katanya.

Andi juga berharap kedepan dengan meningkatnya fungsi Puskesmas, lebih cantik, moderen, SDM nya handal dan semua dilengkapi peralatan dan teknologi maka masyarakat tidak harus ke RS jika hanya berobat ringan seperti flu dan demam.

"Ke RS itu kecuali untuk penyakit rujukan yang membutuhkan tindakan lebih lengkap," katanya mengakhiri.